news
Langganan

Solopos Hari Ini : Bersiap Kerja Besar Peparnas

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Selasa, 1 Oktober 2024 - 08:05 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Selasa (1/10/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (1/10/2024), mengangkat headline tentang Kota Solo makin bergairah menyongsong penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Solo dan sekitarnya pada 6-13 Oktober 2024.

Diberitakan Solopos hari ini, berbagai persiapan akhir terus dilakukan, khususnya terkait transportasi dan tenaga pendukung.

Advertisement

Senin (30/9/2024) siang, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama National Paralympic Committe (NPC) menggelar pelatihan dan pengecekan kesehatan bagi para sukarelawan Peparnas XVII dari divisi transportasi dan petugas transportasi Peparnas XVII di Tirtonadi Convention Hall.

Acara itu diikuti 130 sukarelawan Peparnas XVII divisi transportasi yang akan mengikuti finalisasi pelatihan dan pemahaman terkait Peparnas XVII; serta sebanyak 200 petugas transportasi yang terdiri atas personel Dishub se-Soloraya yang akan mengikuti finalisasi pelatihan serta cek kesehatan guna Peparnas XVII.

Advertisement

Acara itu diikuti 130 sukarelawan Peparnas XVII divisi transportasi yang akan mengikuti finalisasi pelatihan dan pemahaman terkait Peparnas XVII; serta sebanyak 200 petugas transportasi yang terdiri atas personel Dishub se-Soloraya yang akan mengikuti finalisasi pelatihan serta cek kesehatan guna Peparnas XVII.

Pantauan Espos, para suka­re­lawan atau volunteer yang me­ngenakan rompi berwarna oranye itu selain mendapatkan materi yang berkaitan dengan penyelenggaraan ajang olahraga nasional tersebut juga mengikuti simulasi penggunaan kendaraan khusus atlet, seperti minibus, kursi roda, dan truk angkutan perlengkapan.

Berlatih Sejak SD, Fandi Perkuat Timnas U-20

Advertisement

Sebelumnya, dia bergabung dengan skuad Garuda Muda saat berlaga di ajang Seoul Earth On Us Cup 2024 serta kua­lifikasi Piala Asia U-20 AFC 2025. Alumnus SMAN 1 Jatinom itu berasal dari Dukuh Gaten, Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen, Klaten. Dia putra kedua pasangan Sunarto, 61, dan Parinem, 59. Sebelumnya, Sunarto bekerja sebagai buruh tukang kayu.

Pandemi Covid-19 membuat Sunarto berhenti bekerja. Kini, Sunarto beralih pekerjaan menjadi buruh pengikal tali rafia ketika ada pesanan. Sementara, ibunya bekerja sebagai buruh pabrik makanan ringan.

Ekspor Semester Pertama Capai Rp143 Miliar

Advertisement

JAKARTA–Industri batik dan produk batik dinilai resilien di tengah tantangan ekonomi global. Industri padat karya ini tercatat mampu menyerap 200.000 tenaga kerja di Indonesia.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), ekpor batik mencapai US$17,5 juta (setara Rp265 miliar kurs saat ini). Sedangkan semester pertama 2024 mencapai US$9,45 juta atau sekitar Rp143 miliar.

Sebagai komitmen dalam menjaga daya tahan dan pertumbuhan industri batik Tanah Air, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian (Ditjen IKMA Kemenperin) bersama dengan Yayasan Batik Indonesia (YBI) secara rutin menggelar perayaan Hari Batik Nasional (HBN) melalui berbagai rangkaian kegiatan.

Advertisement

KBBI Modern untuk Bahasa Indonesia Maju

JAKARTA – Kamus yang modern mencerminkan bangsa yang modern. Semakin modern kamus, semakin modern bahasa. Menjaga muruah bahasa Indonesia mensyaratkan pembaruan dan pemodernan kamus.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi atau Badan Bahasa mengintensifkan upaya memodernkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Upaya yang belakangan intensif dilakukan Badan Bahasa adalah bekerja sama dengan Komisi X DPR dan Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi mendiseminasi Kamus Besar Bahasa Indonesia di berbagai wilayah di negeri ini.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (1/10/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Espos.id yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Espos.id tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif