news
Langganan

191 Lulusan STP Sahid Solo Diwisuda, Kontribusi di Sektor Wisata Dinanti

by Ahmad Kurnia Sidik  - Espos.id News  -  Rabu, 25 September 2024 - 17:48 WIB

ESPOS.ID - Sebanyak 191 lulusan mengikuti prosesi wisuda ke-25 STP Sahid Solo di The Alana Hotel, Rabu (25/9/2024) pagi.

Esposin, SOLO -- Sebanyak 191 lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid Solo mengikuti prosesi wisuda ke-25 di The Alana Hotel Solo, Rabu (25/9/2024) pagi. Para lulusan diharapkan ambil bagian di sektor yang saat ini sedang tren, yakni pariwisata.

Prosesi wisuda yang mengusung tema From Passion to Profesion: Celebrating Gen Z's Pursuit of Tourism Dreams pagi itu dibuka dengan Tari Gambyong Retnokusumo oleh lima mahasiswi STP Sahid Solo.

Advertisement

Tarian yang biasa ditampilkan untuk penyambutan tamu itu berkisah tentang gadis belia yang beranjak dewasa dan berkilau bagai emas. Ketua STP Sahid Solo, Agus Solikhin, dalam laporannya menyampaikan wisuda pagi itu diikuti 191 lulusan dari berbagai jenjang.

Ada lulusan Diploma 1 sebanyak 10 orang, Diploma 3 sebanyak 42 orang, Diploma 4 sebanyak 67 orang, serta alih jenjang sebanyak 72 orang. “Pada kesempatan ini, saya selaku Ketua STP Sahid Solo mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas prestasi yang telah diraih,” kata Agus.

Advertisement

Ada lulusan Diploma 1 sebanyak 10 orang, Diploma 3 sebanyak 42 orang, Diploma 4 sebanyak 67 orang, serta alih jenjang sebanyak 72 orang. “Pada kesempatan ini, saya selaku Ketua STP Sahid Solo mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas prestasi yang telah diraih,” kata Agus.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan saat ini tren pariwisata masih berfokus pada penguatan dan pengembangan sumber daya manusia dan inovasi digitalisasi. Karena itu, sebagai kampus pariwisata, STP Sahid Solo terus melakukan pengembangan juga dengan rencana akan membuka program studi (prodi) jenjang sarjana.

Selain itu juga meluaskan kerja sama internasional, termasuk dengan Xinjiang University Tiongkok, Imus Institute of Philipines, Burapha University Thailand, serta Silk Road University Uzbekistan dalam hal double degree dan pertukaran dosen. Ada pula kerja sama lainnya dalam hal penyaluran bursa kerja dan magang oleh beberapa perusahan baik nasional maupun internasional.

Advertisement

Agus juga berharap para lulusan memiliki ketekunan, kejujuran, bekerja keras, percaya diri, serta membuka jaringan seluas mungkin.

Gen Z Membawa Angin Segar

“Sebelum menutup pidato ini, kami civitas akademika STP Sahid Solo memohon maaf yang setulus-tulusnya apabila selama menempuh pendidikan terdapat pelayanan, perkataan, dan perilaku yang menyakiti baik yang disengaja maupun tidak disengaja,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Yayasan Kesejahteraan dan Pendidikan Sahid Jaya, Nugroho B Sukamdani, juga menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati.

Advertisement

Nugraha menyinggung perihal tema wisuda pagi itu yang menurut dia bukan hanya cermin dari perjalanan luar biasa yang telah ditempuh oleh generasi muda, tetapi juga gambaran atas dedikasi dan semangat generasi muda dalam menempuh cita-cita yang diimpikan di bidang perhotelan dan pariwisata.

“Generasi Z telah membawa angin segar dan inovasi baru dalam industri yang berkembang ini. Passion bisa diartikan sebagai tekad yang kuat atau antusiasme yang tinggi dalam diri seseorang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, menurutnya, minat terhadap dunia kepariwisataan bukan sekadar hobi, tetapi telah menjadi pilihan profesi yang penuh dengan tantangan dan peluang.

Advertisement

Para mahasiswa STP Sahid Solo, lanjutnya, merupakan contoh nyata dari generasi muda yang memiliki tekad untuk mewujudkannya dalam dunia profesional menjadi karier yang memuaskan dan berdampak positif.

“Kami percaya bahwa institusi ini telah memberi landasan yang kokoh dan bimbingan yang berharga untuk membentuk para profesional di bidang kepariwisataan yang berkualitas,” ungkapnya.

Terakhir, Nugraha mengajak para lulusan untuk tidak berhenti dan puas diri setelah wisuda. Akan tetapi terus mengasah keterampilan, mengejar pengetahuan, dan mengaplikasikan passion yang sudah didapatkan.

“Jadikan passion yang Anda miliki sebagai energi dan kekuatan besar yang dapat mendorong Anda melakukan hal terbaik. Industri bidang kepariwisataan menanti kontribusi dan inovasi dari Anda semua,” jelasnya.

Advertisement
Suharsih - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif