news
Langganan

Solopos Hari Ini : Alut-Alkid Solo Kembali Berwibawa

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Sabtu, 28 September 2024 - 08:35 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Sabtu (28/9/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (28/9/2024), mengangkat headline tentang Alun-alun Utara (Alut) dan Alun-alun Kidul (Alkid) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) akhirnya selesai direvitalisasi. Kesan bersih dan berwibawa pun terlihat dari kedua alun-alun itu.

Diberitakan Solopos hari ini, saat Espos me­nyusuri kawasan Gapura Gladak Solo, Jumat (27/9/2024) pukul 11.00 WIB, tampak bangunan Gapura Gladak sudah dicat ulang dengan warna dominan putih. Pagar dan tiang lampu pe­nerangan berwarna biru mu­da khas Keraton Solo. Jalur pe­destrian menggunakan material baru.

Advertisement

Suasana Jl. Pakubuwono yang menjadi akses ke Alun-alun Utara kini menjadi bersih namun tetap sejuk karena po­hon-pohon beringin di area itu tetap dipertahankan.

Area Alun-alun Utara masih ditutup dengan pagar. Warga belum bisa beraktivitas di ka­wasan Alun-alun Utara. Se­jum­lah pekerja masih mela­kukan perawatan. Alun-alun menggunakan rum­put dengan akses jalan berupa paving block membelah area alun alun.

Advertisement

Area Alun-alun Utara masih ditutup dengan pagar. Warga belum bisa beraktivitas di ka­wasan Alun-alun Utara. Se­jum­lah pekerja masih mela­kukan perawatan. Alun-alun menggunakan rum­put dengan akses jalan berupa paving block membelah area alun alun.

Rumput masih belum tumbuh merata. Kementerian PUPR selaku penanggung ja­wab proyek membuat jalur pe­jalan kaki kira kira dengan lebar 1 meter. Jalur itu mengelilingi alun-alun utara. Pohon-pohon yang mengelilingi Alun-alun Utara tetap dipertahankan.

Sedimentasi Kali Dengkeng dari Lumpur Sampai Kasur

Advertisement

Hal itu diakui Koordinator Petugas Su­ngai Wilayah Klaten, Alung Prasaja Utama. Alung mengungkapkan berbagai je­nis sampah ikut terangkat saat penge­rukan dilakukan. “Kemarin itu ada sofa, ka­sur, pakaian tidak layak pakai di dalam ka­rung. Kemudian alat suntik dan sebagai­nya,” kata Alung saat berbincang dengan Espos, Jumat (27/9/2024).

Terkait limbah medis yang ikut ditemukan di alur sungai, Alung menjelaskan berupa alat suntik bekas yang ditemukan dalam satu karung. Sampah-sampah itu terutama ditemukan di alur Sungai Dengkeng. “Untuk sungai yang lain yang ditemukan berupa baju bekas, pakaian dalam, celana dalam yang dimasukkan dalam karung kemudian dibuang ke sungai.

Bisnis MUA Tetap Menjanjikan

Advertisement

Pekerjaan sebagai makeup artist atau dikenal sebagai MUA belakangan menjadi tren karena melejitnya industri kecantikan di Tanah Air. Dikutip dari MakeupArtistEDU.org, makeup artist adalah orang yang ahli mengaplikasikan bahan riasan untuk mengubah penampilan seseorang dengan tujuan kecantikan.

Seorang MUA dituntut untuk menguasai berbagai teknik merias, seperti contouring, shading, blending, dan sebagainya. Bukan hanya itu, mereka juga harus bisa memperkirakan gaya makeup seperti apa yang cocok untuk setiap orang. Profesi ini kini digandrungi banyak orang baik perempuan atau pria.

Bahkan, banyak selebgram yang menjadi influencer karena menjadi make up artist ini. Di Indonesia sendiri, profesi MUA menjadi hits dalam beberapa tahun belakangan.

Advertisement

Sastra Jawa Mati Kuwi Dudutan Luput

Yayasan Triwida sing mapan ing Griya Budaya Bale-Surenpaten, Balerejo, Kauman, Jl. Soekarno-Hatta, Tulungagung, Jawa Timur ngadani adicara Temu Sastrawan Jawa Nuswantara (Tetrawara) 2024, Setu lan Minggu (28—29 September 2024).

Adicara sing ngundang akeh sastrawan Jawa lan pandhemen sastra Jawa saka Jawa Tengah, Jawa Timur, lan Daerah Istimewa Yogyakarta kuwi diadani ing Pendhapa Ageng Hand Asta Sih Rest Area, Jalan Raya Togogan, Srengat, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

Adicara kang ancase ngleluri, ndayakake, lan nguncarakake maneh sastra Jawa kuwi ngangkat underan Ngrangkul Sedulur, Ngudhar Wawasan, Sastra Jawa Kuncara Rukmi. Yayasan Triwida ngupaya ngencengake sesambungan lan paseduluran ing antarane pada sastrawan Jawa, redhaktur kalawarti basa Jawa, akademikus, para pandhemen sastra Jawa, lan para budayawan Jawa lokal lan internasional.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (28/9/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Espos.id yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Espos.id tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif