news
Langganan

BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah RI Diguyur Hujan Ringan Hari Ini

by Newswire  - Espos.id News  -  Sabtu, 28 September 2024 - 09:19 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi hujan. (Freepik.com)

Esposin, JAKARTA--Hujan berintensitas ringan diprakirakan mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia pada akhir pekan ini, Sabtu (28/9/2024).

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maria Klaudiana dalam video Prakiraan Cuaca BMKG, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube BMKG di Jakarta, Sabtu pagi, menyampaikan terdapat 21 daerah yang berpotensi dilanda hujan ringan.

Advertisement

Ke-21 daerah tersebut yakni Jambi; Palembang, Sumatera Selatan; Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung; Serang, Banten; Jakarta; Bandung, Jawa Barat; dan Semarang, Jawa Tengah.

 "Hujan ringan juga berpotensi melanda DI Yogyakarta; Surabaya, Jawa Timur; Denpasar, Bali; Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB); Pontianak, Kalimantan Barat; Palangkaraya, Kalimantan Tengah; Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Gorontalo," kata dia seperti dilansir Antara.

Advertisement

Maria menambahkan Manado, Sulawesi Utara; Makassar, Sulawesi Selatan; Ternate, Maluku Utara; Ambon, Maluku; Kota Jayawijaya, Papua Pegunungan; dan Nabire, Papua juga berpotensi dilanda hujan berintensitas ringan.

Lebih lanjut, dia menambahkan selain hujan ringan, sejumlah wilayah lainnya berpotensi dilanda hujan disertai kilat dan petir, yakni Medan, Sumatera Utara; Padang, Sumatera Barat; dan Pekanbaru, Riau.

Advertisement

"Berikutnya, hujan dengan intensitas sedang berpotensi melanda Lampung; Bengkulu; Palu, Sulawesi Tengah; Kendari, Sulawesi Tenggara; dan Sorong, Papua Barat," ucap dia.

Dikatakan Maria, BMKG memprakirakan kondisi cuaca di Kupang, Nusa Tenggara Timur dan Manokwari, Papua Barat, hari ini akan cerah berawan.

Sedangkan Samarinda, Kalimantan Timur diprakirakan berawan tebal, kemudian Tanjung Selor, Kalimantan Utara dan Jayapura, Papua, berkabut.

"Informasi cuaca tersebut merupakan gambaran cuaca secara umum di masing-masing wilayah di Indonesia," terang Maria.

Maria menambahkan masyarakat dapat mengetahui informasi terkini yang telah diperbaharui setiap tiga jam sekali di aplikasi Info BMKG. 

"Bagi sobat BMKG yang ingin mengetahui informasi cuaca secara khusus, yang diperbaharui setiap tiga jam di wilayah masing-masing, sobat dapat memantau aplikasi Info BMKG yang dapat sobat unduh melalui App Store maupun Play Store," ucap dia.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif