news
Langganan

Soal Kabinet Prabowo, Jokowi Klaim Tak Cawe-Cawe

by Akbar Evandio  - Espos.id News  -  Sabtu, 5 Oktober 2024 - 21:30 WIB

ESPOS.ID - Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (18/9/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Esposin, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak mau cawe-cawe atau campur tangan mengenai nama-nama calon menteri yang akan dipilih pada kabinet Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Orang nomor satu di Indonesia itu menekankan bahwa keputusan kabinet murni merupakan hak penuh dari pemerintah ke depan. 

“Mengenai kabinet itu hak, 100% hak prerogatif presiden,” ujarnya kepada wartawan dalam upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). 

Advertisement

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin sempat berkelakar bahwa Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan akan menjadi tokoh yang melanjutkan kerjanya di bawah naungan pemerintahan Prabowo Subianto. Menurutnya, Presiden terpilih periode 2024–2029 itu bakal kembali mengajak Zulhas untuk menjadi bagian dari Kabinet Prabowo. 

Awalnya, orang nomor dua di Indonesia itu mengatakan bahwa dirinya hanya tinggal beberapa hari saja menjabat sebagai Wapres, yang akan berakhir pada 20 Oktober 2024 mendatang. “Saya ini kan Wakil Presiden, tinggal beberapa hari. Ini Wakil Presiden tinggal beberapa hari, Insyaallah,” katanya saat memimpin Rapat Pleno KNEKS di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2024).  

Advertisement

Dia melanjutkan bahwa meskipun akan mengakhiri masa jabatannya, tetapi beberapa orang di Kabinet Indonesia Maju (KIM) akan tetap berlanjut di pemerintahan Prabowo. Sebelum menyinggung Zulhas, Ma’ruf lebih dulu mengingatkan agar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani tidak boleh mengakhiri pengabdian meskipun telah menyelesaikan tugasnya.

“Kita boleh mengakhiri jabatannya ya Bu Sri, tapi tidak boleh mengakhiri pengabdiannya. Kita harus terus mengabdi di manapun, di tempat manapun, di bagian manapun,” katanya.   

Advertisement

Kemudian, Wapres Ke-13 RI itu pun menyinggung Zulkifli Hasan yang merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) akan tetap menjadi menteri di Kabinet Presiden terpilih Prabowo.  “Saya ada di mana, Bu Sri ada di mana, Pak Zulkifli di mana, Pak Zulkifli pasti masih jadi Menteri. Beliau sudah diajak, ya Pak Zulkifli,” pungkas Ma’ruf disambut tawa hadirin.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Jokowi Klaim Tak Cawe-Cawe soal Kabinet Prabowo: 100% Hak Presiden"

Advertisement
Imam Yuda Saputra - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif