news
Langganan

Keren! Mahasiswa UKSW Terpilih Duta GenRe Kota Salatiga 2024

by Brand Content  - Espos.id News  -  Jumat, 4 Oktober 2024 - 14:42 WIB

ESPOS.ID - Cielo Octaviano Delavega, mahasiswa UKSW yang raih prestasi Duta GenRe Kota Salatiga 2024. (Istimewa)

Esposin, SALATIGA —  Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Cielo Octaviano Delavega, baru saja mencetak prestasi gemilang dengan dinobatkan sebagai Juara 1 Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Salatiga tahun 2024. 

Dalam ajang pemilihan tersebut, ia berhasil mengungguli puluhan peserta lain dan kini tampil sebagai figur inspiratif bagi remaja di Kota Salatiga.

Advertisement

Diwawancarai Tim UKSW secara daring pada Kamis (3/10/2024), mahasiswa berusia 19 tahun ini mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Tuhan, orang tua, dan teman-teman yang telah memberikan dukungan. Cielo berujar bahwa prestasi ini juga tidak lepas dari tekadnya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Motivasi saya adalah ingin menjadi role model yang positif dan memberi makna bagi masyarakat khususnya remaja melalui peran saya sebagai Duta GenRe,” kata pria yang telah tumbuh besar di Salatiga sedari kecil ini.

Advertisement

“Motivasi saya adalah ingin menjadi role model yang positif dan memberi makna bagi masyarakat khususnya remaja melalui peran saya sebagai Duta GenRe,” kata pria yang telah tumbuh besar di Salatiga sedari kecil ini.

Perjalanan Cielo menuju gelar Duta GenRe tidaklah mudah. Ia harus bersaing dengan 54 peserta lainnya dalam serangkaian seleksi ketat, mulai dari seleksi berkas, tes tertulis, hingga sesi wawancara dengan format Focus Group Discussion (FGD). 

“Skill utama yang saya gunakan tentunya public speaking, selain itu attitude juga diperhitungkan karena sebagai seorang duta hal itu sangat mendasar,” jelas Cielo, membeberkan beberapa kunci pentingnya untuk bisa berprestasi di ajang bergengsi ini.

Advertisement

Salah satu program unggulan yang akan Cielo canangkan sebagai Duta GenRe Kota Salatiga adalah Sinergi Remaja Tanggap Stunting (Si Ranting). Program ini, ia sampaikan, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja dan masyarakat tentang pentingnya penanganan stunting, sebuah masalah kesehatan yang masih banyak terjadi di Kota Salatiga. 

Dalam menjalankan program serta perannya sebagai Duta GenRe, pria kelahiran tahun 2005 ini tidak ketinggalan mengimplementasikan ilmu Psikologi yang dipelajarinya di kampus. 

“Tentu saya banyak belajar dari ilmu Psikologi yang ternyata sangat relevan dengan kehidupan remaja saat ini. Seperti bagaimana remaja itu bertumbuh dan emosi apa yang mendominasi sehingga mengambil keputusan yang kurang matang,” jelasnya.

Advertisement

Cielo memiliki hobi bernyanyi dan pengalaman mewakili UKSW di tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk kompetisi menyanyi kategori Dangdut ini.

Selanjutnya, Cielo akan maju menjadi perwakilan Kota Salatiga untuk pemilihan Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah tahun 2025. 

Selain melakukan persiapan dengan bekal kemampuan yang telah ia terapkan sebelumnya, ia menambahkan bahwa motivasinya tidak lepas dari motto hidup untuk senantiasa mengandalkan penyertaan Tuhan dalam setiap kegiatan yang dilalui.

Advertisement

Pencapaian prestasi dan imbas dari keinginan kuat untuk berdampak bagi masyarakat luas melalui ajang Duta GenRe ini, maka semakin membuktikan komitmen UKSW untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4 pendidikan berkualitas serta ke-11 kota dan komunitas yang berkelanjutan.

 

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif