news
Langganan

Solopos Hari Ini : Ajang Menjaring Paralimpian Baru

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:34 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Jumat (4/10/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (4/10/2024), mengangkat headline tentang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 menjadi ajang pencarian para atlet difabel atau penyandang disabilitas yang mewakili Indonesia di ajang internasional, khususnya Paralimpiade yang merupakan puncak kompetisi atlet difabel sedunia.

Diberitakan Solopos hari ini, menjadi paralimpian atau atlet Pa­ra­limpiade adalah puncak kebanggaan, dan itu dihasilkan antara lain dari ajang Peparnas. Capaian para atlet Indonesia dalam Paralimpiade Paris 2024 awal Sep­tember lalu perlu menjadi cambuk bagi prestasi yang lebih baik.

Advertisement

Saat itu kontingen paralimpian Indonesia untuk mempersembah­kan medali terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan dalam Paralimpiade dengan raihan 14 medali yang terdiri atas satu medali emas, delapan perak, dan lima perunggu. Untuk kali pertama pula Indonesia mengirimkan atlet terbanyak di ajang Paralimpiade, yaitu 35 orang dari 10 cabang olahraga.

Ada kerja keras dari para atlet dan ofisial dalam waktu yang tidak cukup hanya setahun. Atlet Indonesia yang menjadi paralimpian di Paralimpiade Paris 2024 harus mengejar poin guna mendapat tiket untuk mengikuti kompetisi olahraga tertinggi untuk para atlet disabilitas tersebut. Seluruhnya dikejar oleh para atlet lewat kompetisi-kompetisi lain sebelum Paralimpiade.

Advertisement

Ada kerja keras dari para atlet dan ofisial dalam waktu yang tidak cukup hanya setahun. Atlet Indonesia yang menjadi paralimpian di Paralimpiade Paris 2024 harus mengejar poin guna mendapat tiket untuk mengikuti kompetisi olahraga tertinggi untuk para atlet disabilitas tersebut. Seluruhnya dikejar oleh para atlet lewat kompetisi-kompetisi lain sebelum Paralimpiade.

Penataan Kampung Batik Kauman Bergulir

SOLO—Proyek penataan ulang Kampung Wi­sata Batik Kauman, Pasar Kliwon, Solo, mulai ber­gulir. Proyek tersebut diperkirakan rampung pa­da Desember 2024.

Advertisement

Tujuan penataan Koridor Kau­man adalah untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas, peningkatan kualitas jalan dan drainase serta menambah daya tarik wisatawan di Kampung Batik Kauman. Pantauan Espos, Rabu (2/10/2024) siang, pekerja yang dibantu alat berat memasang double u box atau blok beton segi empat untuk saluran air di ruas Jl. Wijaya Kusuma di sisi utara. 

Rp40 Triliun untuk Belanja Produk UMKM

MAKASSAR—Belanja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) mencapai Rp40,1 triliun menjelang pengujung 2024. Kementerian BUMN mencatat belanja produk UMKM pada 2023 mencapai Rp44 triliun.  

Advertisement

“Kami sampaikan juga bahwa pada tahun 2024 belanja produk dalam negeri BUMN sudah mencapai Rp514 triliun dan sekitar Rp40,1 triliun belanja BUMN kepada produk UMKM,” kata anggota Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting melalui temu virtual di Makassar, Rabu (25/9/2024).

Puluhan triliun tersebut juga termasuk belanja BUMN untuk UMKM di Sulawesi Selatan, seperti belanja di sektor konstruksi, elektronik, produk makanan, serta produk kreasi seperti konduktor dan furnitur. “Kami memang mengajak Bayer Group BUMN berbelanja di pasar UMKM agar kami dapat memonitor perkembangan belanja BUMN dari waktu ke waktu,” tambah Loto.

Bahasa Isyarat Al-Qur’an Diakui Masyarakat Internasional

Advertisement

Pada Agustus 2024 masyarakat internasional mengakui peran komunitas tuli Indonesia dan pemangku kepentingan terkait dalam urusan literasi bahasa isyarat untuk pengajaran Al-Qur’an.

Diplomat karier, penulis buku Katulistiwa, dan anggota  Majelis Pembina Yayasan Pendidikan Kesatuan Cengkareng, Jakarta Barat, Moehammad Amar Ma’ruf, dalam sebuah artikel yang dipublikasikan Antara pada Minggu (29/9/2024), menjelaskan komunitas tuli Indonesia adalah bagian masyarakat berkebutuhan khusus.

Mereka dilindungi Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Mereka telah menunjukkan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan pendidikan bagi masyarakat Indonesia, komunitas penyandang disabilitas, dan masyarakat dunia.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (4/10/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Espos.id yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Espos.id tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif