news
Langganan

Jelang Purna Tugas, Jokowi Enggan Putuskan Hal Strategis

by Newswire  - Espos.id News  -  Kamis, 3 Oktober 2024 - 17:48 WIB

ESPOS.ID - Presiden Jokowi melayani wawancara wartawan saat berkunjung ke Pasar Wonogiri didampingi Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Kamis (1/2/2024). (Istimewa/Kris-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Esposin, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menyatakan enggan memutuskan hal-hal strategis menjelang purna tugas, atau dalam sisa tiga pekan waktunya mengakhiri masa jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat menjawab pertanyaan apakah dirinya akan mencabut moratorium daerah otonom baru (DOB) di sisa masa jabatannya.

Advertisement

"Saya ini tinggal tiga minggu, tidak boleh memutuskan hal hal yang strategis," kata Jokowi di sela kegiatan kunjungan kerja di Alor, Nusa Tenggara Timur, Kamis (3/10/2024), sebagaimana dilansir Antara. 

Jokowi pun meminta wartawan menanyakan ihwal pencabutan moratorium DOB tersebut kepada presiden dan pemerintahan baru nanti.

Advertisement

Terkait pencabutan moratorium DOB, sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga mengatakan bahwa pencabutan moratorium pembentukan daerah otonom baru (DOB) diserahkan pemerintahan saat ini kepada pemerintah baru atau periode selanjutnya.

Sejauh ini pemerintah belum membuka moratorium daerah otonom baru (DOB). Moratorium ini diberlakukan sejak pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Advertisement

Namun pemerintahan Jokowi memberikan pengecualian bagi pemekaran wilayah Papua, guna mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat di Papua dan mendekatkan pelayanan masyarakat di sana.

Advertisement
Chelin Indra Sushmita - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : Presiden Jokowi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif