news
Langganan

Puluhan Perguruan Tinggi Ikuti Kompetisi Bergengsi di Fakultas Psikologi UKSW

by Brand Content  - Espos.id News  -  Kamis, 18 Juli 2024 - 19:42 WIB

ESPOS.ID - Foto bersama para pemenang dalam Psycompetition 2024 di Balairung Universitas, Kamis-Jumat (11-12/7/2024).(Istimewa)

Esposin, SALATIGA — Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menyelenggarakan kegiatan berskala nasional Psycompetition 2024 di Balairung Universitas, Kamis-Jumat (11-12/7/2024).

Perlombaan yang menjadi bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-25 Fakultas Psikologi ini diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi swasta dan negeri di Indonesia.

Advertisement

Beberapa perguruan tinggi tersebut di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Katolik Soegijapranata (UNIKA), Universitas Kristen Maranatha Bandung, dan Universitas Tarumanagara (Untar) Jakarta.

Tidak ketinggalan, sejumlah mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW juga turut berpartisipasi dan berjuang dalam kompetisi tersebut. Dalam perlombaan yang bertajuk “Empowering Gen Z With Cultural Awareness” ini para peserta bersaing memberikan gagasan kreatif untuk mendorong Generasi Z (Gen Z) memberikan kontribusi positif dalam keberagaman budaya.

Advertisement

Tidak ketinggalan, sejumlah mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW juga turut berpartisipasi dan berjuang dalam kompetisi tersebut. Dalam perlombaan yang bertajuk “Empowering Gen Z With Cultural Awareness” ini para peserta bersaing memberikan gagasan kreatif untuk mendorong Generasi Z (Gen Z) memberikan kontribusi positif dalam keberagaman budaya.

Dekan Fakultas Psikologi Dr. Sri Aryanti Kristianingsih, M.Si., M.H., Psikolog., mengungkapkan kompetisi ini menjadi sarana bagi mahasiswa psikologi di Indonesia untuk menunjukkan prestasinya.

“Kegiatan ini menjadi wadah bagi mahasiswa jurusan psikologi yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi mereka,” ujarnya dalam rilis UKSW.

Advertisement

“Lomba ini pertama kali digelar oleh Fakultas Psikologi UKSW. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan budaya yang beragam di kalangan Gen Z,” ujar Dewita.

Dia juga menerangkan dua kategori yang dilombakan pada Psycompetition tahun ini. Kedua kategori tersebut adalah PsychoGraphic Competition (Lomba Poster) bertemakan “Cultural Kaleidoscope: Understanding Gen Z in a Diverse World” dan Psyclopedia Competition (Lomba Cerdas Cermat Psikologi) mengambil tema “Harmony in Diversity: Exploring Cultural Awareness and Psychological Perspective in Generation Z”.

Psyclopedia Competition merupakan sebuah kompetisi berkelompok yang dirancang untuk menguji pengetahuan dan pemahaman peserta tentang berbagai konsep psikologi diantaranya Psikologi Sosial, Psikologi Perkembangan, Psikologi Kepribadian, serta Psikologi Lintas Budaya.

Advertisement

Adapun mekanisme pertandingan pada kategori ini berupa ujian mengerjakan soal-soal konsep psikologi, menyusun strategi pengerjaan soal, mengikuti babak adu cepat dalam menjawab pertanyaan serta menyusun analisis kasus yang kemudian dipresentasikan.

PsychoGraphic Competition adalah kompetisi yang mendorong mahasiswa psikologi untuk menyampaikan pesan penting terkait keberagaman budaya yang dituangkan dalam bentuk poster infografis. Dalam kategori ini terdapat 3 tahap perlombaan yang harus diikuti para peserta yaitu pengumpulan poster, pengumuman finalis tiga besar, dan presentasi finalis secara on site.

Para Juara

Suasana perlombaan semakin menarik dan seru ketika para peserta yang berlaga dalam babak final mempresentasikan karya ilmiahnya. Satu persatu pertanyaan yang dilontarkan oleh para juri memantik semangat mereka untuk berjuang dalam kompetisi tersebut.

Setelah melalui tahap presentasi, keluar sebagai pemenang lomba pada kategori Psyclopedia Competition yaitu juara 1 disabet oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran M.Rafli Iltizamulloh, juara 2 diraih oleh mahasiswa Universitas Bina Nusantara Keisha Kanaiela Jansen, dan juara 3 diraih oleh mahasiswa Universitas Diponegoro David Sitorus.

Advertisement

Sementara itu, pemenang lomba kategori PsychoGraphic Competition yakni juara 1 diraih oleh mahasiswa Universitas Tarumanagara yakni tim “Psyters” beranggotakan Regine Caitlyn Suwu, Vena Theolina Hagnjasaraja, dan Yolanda. Juara 2 diraih oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada yakni tim “Larasati” beranggotakan Alya Nur Faiza, Gita Shiren AI Athrus, dan Alisa Kamilah. Juara 3 diraih oleh mahasiswa UKSW yakni tim “Yang” terdiri dari Debbie Tiara Pasaribu, Anita Budi Prabawaningrum, dan Stefani Asyananda Pramesti.

Antusiasme peserta kental terasa dalam Psycompetition kali ini. Di antaranya Stefani Asyananda Pramesti mahasiswa Fakultas Psikologi, ia mengaku bahagia bisa berpartisipasi menjadi peserta dalam kompetisi ini. “Senang banget bisa mengikuti kompetisi perdana yang diadakan oleh Fakultas Psikologi UKSW. Kami bangga dengan capaian yang diraih bisa membanggakan kampus Indonesia Mini,” bebernya.

Tak hanya Stefani Asyananda, Rafli Iltizamulloh juga mengungkapkan rasa senangnya karena bisa menjadi juara dalam kompetisi ini.

“Seru banget mengikuti kegiatan ini, pastinya saya mendapatkan pengalaman baru. Semoga kompetisi Psycompetition bisa berlanjut terus setiap tahunnya dan menjadi ajang favorit dari UKSW,” ujar mahasiswa dari Universitas Padjadjaran ini.

 

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif