news
Langganan

NLDP Batch ke-8 UKSW, Eksplorasi Diri dan Membangun Keterhubungan Emosional

by Brand Content  - Espos.id News  -  Rabu, 17 Juli 2024 - 13:31 WIB

ESPOS.ID - Suasana kegiatan NLDP Batch ke-8 di Graha Kartini UKSW Salatiga, Kamis (11/7/2024).(Istimewa/UKSW)

Esposin, SALATIGA - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga kembali menyelenggarakan Noble Leader Development Program (NLDP) Batch ke-8 di Graha Kartini UKSW.

Berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (11-12/7/2024), program ini dikemas dengan konsep retret diikuti 28 peserta terdiri dari kepala bagian dan perwakilan tenaga kependidikan universitas maupun fakultas.

Advertisement

Membuka secara resmi kegiatan, Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ferdy S. Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas UKSW yang dalam penyelenggaraannya tidak lepas dari kontribusi alumni UKSW, Dr. (H.C.) Sudhamek AWS, S.E., S.H. Dengan mengikuti program, para peserta tidak hanya semakin mengenal jati dirinya namun juga mampu mewujudkan tindakan saling keterhubungan sebagai warga civitas academica UKSW.

“Semoga dengan mengikuti rangkaian sesi dalam NLDP ini, dapat terwujud perubahan maupun perbaikan untuk kemajuan universitas kita,” ucapnya.

Advertisement

“Semoga dengan mengikuti rangkaian sesi dalam NLDP ini, dapat terwujud perubahan maupun perbaikan untuk kemajuan universitas kita,” ucapnya.

Sama seperti pada pelaksanaan NLDP sebelumnya, kegiatan kembali menghadirkan Ir. Didiek Suprapto sebagai fasilitator handal. Mendampingi total 11 sesi yang berlangsung selama dua hari, segenap peserta diajak untuk menarik diri dari kesibukan dan melakukan refleksi akan jati dirinya masing-masing, sekaligus membangun kesadaran dalam berelasi sebagai bagian penting dalam berkinerja.

Koordinator NLDP Indirani Wauran, S.H., M.H., menerangkan program sebagai kegiatan retret yang didasari pada usaha untuk kembali menemukan jati diri manusia yang diyakini diciptakan baik adanya.

Advertisement

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa pelaksanaan NLDP tidak hanya diperuntukkan bagi jajaran kepemimpinan dan tenaga kependidikan UKSW saja, namun juga menyasar secara bertahap bagi seluruh perwakilan elemen civitas academica UKSW seperti para mahasiswa dalam Lembaga Kemahasiswaan (LK) di NLDP Batch ke-7 lalu. Selanjutnya, kegiatan diharapkan dapat menjangkau lebih luas.

“Seperti menabur benih, maka semakin banyak benih baik yang dapat ditaburkan di tanah yang subur baik itu pribadi kita sendiri, lingkungan UKSW, maupun organisasi dimana kita berada,” terangnya.

Kepuasaan akan pengadaan program ini, tidak ketinggalan diutarakan oleh salah satu peserta, Koordinator Bidang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Magang Fakultas Psikologi (FPsi) Maria Prima Novita, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Merasa sangat senang dapat mengikuti rangkaian kegiatan NLDP, ia mengaku semakin belajar untuk menjadi orang yang sujana, yaitu berkompeten dan bijaksana.

Advertisement

“Saya merasa seperti pulang kembali, karena saya melihat siapa diri saya sekarang ini dan merefleksikan kembali apa tujuan saya,” katanya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh peserta lainnya, Koordinator Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Kealumnian Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Evangs Mailoa, S.Kom., M.Cs. Melalui NLDP, ia tidak hanya menggali jati diri namun juga mendapat bekal dorongan untuk menjadi berkat bagi orang lain dan pertumbuhan mental batin.

 

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif