news
Langganan

Gelar Edufair 2024, SMA Regina Pacis Solo Kenalkan Siswa ke 61 Universitas

by Dhima Wahyu Sejati Brand Content  - Espos.id News  -  Kamis, 26 September 2024 - 18:24 WIB

ESPOS.ID - Siswa SMA Regina Pacis Solo mengunjungi salah satu stand perguruan tinggi di acara Edufair 2024 di sekolah setempat, Kamis (26/9/2024).

Esposin, SOLO — SMA Regina Pacis Solo memfasilitasi para siswa untuk menentukan pilihan universitas melalui event Edufair 2024 yang digelar di auditorium sekolah setempat, Kamis-Jumat (26-27/9/2024).

Kepala SMA Regina Pacis Solo, MM Wahyu Utami, mengatakan Edufair diadakan setiap tahun untuk memberikan gambaran kepada siswa mengenai universitas mana saja yang bisa dituju. Dia mengatakan total ada 61 universitas yang turut serta dalam Edufair 2024 baik dari dalam maupun luar negeri. 

Advertisement

Universitas luar negeri seperti Oxford International Education Group, University of Technology Sydney, sampai Los Angeles Community College. Sedangkan universitas dalam negeri seperti Telkom University, Universitas Pignatelli Triputra, sampai Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Siswa bisa menggali informasi awal dari universitas yang ingin dituju melalui acara tersebut. Wahyu mengatakan saat ini banyak universitas yang membuka beasiswa. Melalui Edufair, diharapkan para siswa bisa mencari informasi lebih detail mengenai beasiswa tersebut.

Advertisement

Dia mengatakan banyak siswa yang masih bingung menentukan pilihan akan melanjutkan studi ke mana, sebab terlalu banyak pilihan program studi di perguruan tinggi. Melalui kegiatan ini, dia berharap anak-anak mendapatkan akses informasi yang cukup sehingga tepat dalam memilih.

“Harapannya, siswa itu bisa memilih program studi sesuai minat, bakat, dan kebutuhan masing-masing, kira-kira yang cocok mana, kira-kira yang prospeknya baik yang mana, jangan sampai malah latah, karena sekarang banyak prodi baru,” kata dia ketika ditemui Espos.id, Kamis.

Advertisement

Kelas Inspirasi

Secara khusus, Edufair ditujukan untuk siswa kelas XI dan kelas XII. Sedangkan untuk kelas X diadakan Kelas Inspirasi di ruang kelas masing-masing pada Kamis (26/9/2024). Kelas Inspiratif diisi para alumni yang sudah sukses meniti karier di bidang masing-masing.

Para alumni akan membagikan pengalaman mereka membangun karier mulai dari nol hingga sukses. Sejumlah alumni yang diundang memiliki pekerjaan atau profesi yang beragam seperti arsitek, pengusaha, dokter, konten kreator, perancang kota, perancang busana, hingga notaris. 

Wahyu mengatakan tujuan Kelas Inspirasi untuk memberikan inspirasi siswa agar menemukan minat mereka akan meniti karier sebagai apa. Minat tersebut kemudian bisa disesuaikan dengan mata kuliah pilihan yang bisa diambil ketika sudah naik ke kelas XI.

“Karena nanti di kelas XI sudah bisa memilih mata pelajaran yang bisa disesuaikan dengan minat mereka nanti di perkuliahan. Jadi harapannya sejak kelas X para siswa sudah memikirkan minat mereka apa,” kata dia.

Salah satu siswa SMA Regina Pacis Solo, Safira, mengaku terbantu dengan adanya Edufair 2024 di sekolahnya. Sebab tidak hanya universitas dalam negeri, ada juga universitas luar negeri yang bisa jadi referensi.

“Saya utamanya ingin mendaftar universitas di luar negeri. Jadi memang di sini membantu banget karena banyak universitas luar negeri yang bisa buat referensi. Tadi ngincar Xiamen University Malaysia,” kata dia.

Advertisement
Suharsih - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif