news
Langganan

Wisuda Periode III/2024 UKSW, Rektor Intiyas Ajak Lulusan Berdampak bagi Bangsa

by Brand Content  - Espos.id News  -  Jumat, 26 Juli 2024 - 15:28 WIB

ESPOS.ID - Pembacaan janji winisuda dan pengukuhan winisudawan oleh Rektor UKSW dalam Upacara Wisuda Periode III Tahun 2024 di Balairung Universitas, Kamis (25/7/2024).(Istimewa)

Esposin, SALATIGA — Atmosfer kebahagiaan memenuhi setiap sudut Balairung Universitas dalam Upacara Wisuda Periode III Tahun 2024 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Kamis (25/7/2024) Salatiga.

Dalam wisuda kali ini Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., hadir melepas 694 winisuda dari Program Sarjana, Magister, dan Doktor.

Advertisement

Upacara wisuda dipimpin oleh Ketua Senat UKSW Prof. Daniel Daud Kameo, S.E., M.A., Ph.D. Dihadiri juga oleh Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) yaitu Ketua Drs. M.Z. Ichsanudin, M.M., Sekretaris Ir. Fence Emanuel Lase, dan Bendahara Dr. Heri Usodo, S.E., M.Kom. Turut hadir dalam wisuda hari ini Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Yasip Kashani, S.IP., M.M., dan tamu undangan dari Universitas Pertahanan Republik Indonesia (UNHAN RI).

Prosesi wisuda dibuka dengan arak-arakan barisan lulusan Indeks Prestasi Tertinggi (IPT) dari setiap program studi (prodi) yang berjalan dengan penuh bangga memasuki Balairung Universitas. Suasana khidmat dan mengesankan kental terasa saat para senator dan pimpinan universitas memberikan penghormatan kepada seluruh winisuda dan orang tua.

Mengawali sambutannya, Rektor Intiyas mengucapkan terima kasih kepada seluruh wali studi dan orang tua yang telah berjuang menghantarkan putra putrinya hingga bisa mengikuti wisuda hari ini.

Advertisement

“Terima kasih banyak kepada orang tua yang sudah mempercayakan para winisuda untuk menempuh pendidikan mereka di kampus ini,” ungkapnya.

Kepada para winisuda, Rektor Intiyas berpesan untuk menjadi lulusan yang memberikan dampak bagi bangsa Indonesia. “Semoga karya para winisuda bisa berdampak bagi gereja dan bangsa,” tambahnya.

Penghormatan kepada Orang Tua

Momen penuh haru tercipta ketika di sela sambutannya, Rektor Intiyas mengajak seluruh lulusan untuk memberikan penghormatan dan ucapan terima kasih kepada orang tua. Terima kasih kepada Ayah dan Bunda karena sudah mendukung putra-putrinya, katanya yang diiringi dengan lagu “Di Doa Ibuku Namaku Disebut”.

Rektor Intiyas juga menerangkan sejumlah presentasi yang telah diraih oleh UKSW. Ia mengungkapkan kampus Indonesia Mini ini telah mendapatkan penghargaan internasional Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2024 di tingkat perguruan tinggi swasta Indonesia, UKSW masuk 10 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik versi THE Impact Rangking dan menduduki posisi ke-9. Sedangkan di wilayah Jawa Tengah, UKSW menjadi PTS nomor satu versi THE Impact Ranking.

Di samping itu, UKSW juga masuk dalam peringkat dunia dengan mendapatkan bintang 3 Quacquarelli Symonds (QS) Star Rating. Hal ini menjadi bukti nyata komitmen UKSW menuju World Class University (WCU). “Selain itu, saat ini UKSW telah meraih peringkat akreditasi institusi Unggul,” jelasnya.

Advertisement

Lebih jauh disampaikannya, UKSW juga berkomitmen menjaga pembangunan Indonesia berkelanjutan dan menjadi bagian dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Hal ini dibuktikan dengan terjalinnya kerja sama antara UKSW dan UNHAN RI dalam penelitian pengembangan gandum tropis. “UKSW saat ini sedang bekerja sama dengan UNHAN RI dalam budidaya dan produksi gandum tropis,” imbuhnya.

Capaian prestasi dan kerja sama tersebut menandaskan komitmen UKSW untuk berkontribusi dalam Sustainable Development Goals (SGDs) ke-1 Tanpa Kemiskinan, ke-2 Tanpa Kelaparan, ke-3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, ke-4 Pendidikan Berkualitas, ke-8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta ke-17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Sementara itu, Pj Wali Kota Salatiga Yasip Kashani, S.IP., M.M., mengungkapkan bahwa para winisuda telah mewarnai dan menjaga Kota Salatiga sampai hari ini untuk menjadi Indonesia Mini sebagai salah satu kota tertoleransi di Indonesia. Ia berharap para lulusan tidak hanya menjadi pencari kerja yang bertalenta tetapi juga dapat menciptakan lapangan kerja yang kreatif.

“Banyak tokoh penting yang lahir dari UKSW. Jadikan tokoh tersebut sebagai inspiratif dan ingatlah untuk selalu menjadi pribadi yang berdampak,” katanya.

Advertisement

Selain itu, Yasip Kashani, S.IP., M.M., juga mengapresiasi positif komitmen UKSW dalam pembangunan berkelanjutan tersebut. “Kerja sama UKSW dengan UNHAN RI ini merupakan langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan pangan Indonesia. Harapannya para winisuda juga bisa bersama-sama mewujudkan hal tersebut,” ungkapnya.

Peraih IPT

Perjalanan menempuh studi di UKSW rupanya meninggalkan kesan mendalam bagi para lulusan. Mewakili 694 winisuda Karina Praadhi Prambudyaningtyas, S.E., dari Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang mendukung masa studinya di UKSW.

“Saya sadar kita dapat menikmati masa perkuliahan penuh warna di kampus ini karena dukungan berbagai pihak. Terima kasih kepada orang tua, dosen, teman-teman, dan UKSW yang sudah memberikan fasilitas serta pelayanan terbaik bagi kami,” ungkapnya.

Karina Praadhi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh winisuda atas keberhasilan ini. “Kiranya apa yang didapatkan dapat menjadi bekal perjalanan hidup selanjutnya,” katanya.

Kebanggaan ini juga turut dirasakan oleh para orang tua winisuda, salah satunya Yulia Uni orang tua dari Januriat Hersius Rabito, S.Pd., Kom. Ia mengungkapkan rasa syukurnya atas gelar yang sudah diraih oleh putranya.

Advertisement

“Saya senang sekali bisa melihat anak saya diwisuda pada hari ini. Terima kasih UKSW sudah menjadi kampus yang memfasilitasi dan mendidik anak kami dengan sangat baik,” tutur Yulia Uni yang berasal dari Kalimantan Barat ini.

Menutup prosesi wisuda, dilakukan penyerahan lulusan kepada Ikatan Alumni Satya Wacana (IKASATYA) secara simbolik oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM, Ph.D (AFHEA) kepada Pengurus IKASATYA Ir. Oei Nan Sun.

Sejumlah lulusan berhasil meraih peraih Indeks Prestasi Tertinggi (IPT) dari masing-masing jenjang. Pada jenjang Strata 1 (S1) terdapat empat lulusan yang berhasil meraih IPK 4,00. Mereka adalah Johanna Jerusha Prasodjo, S.Pd., dan Michelle Margareth Cakra, S.Pd., keduanya dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Lainnya, Karina Praadhi Pambudyaningtyas, S.E., dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dan Gabriela Afra Angely, S.Pd., dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Kemudian untuk jenjang Magister (S2), terdapat empat lulusan yang meraih IPK sempurna (4.00) dalam wisuda kali ini. Mereka adalah Johanes Dian Kurniawan, M.Si.D., dari Prodi Magister Sains Data Fakultas Sains dan Matematika (FSM), Amos Renoardi, M.Si., dari Prodi Magister Sosiologi Agama Fakultas Teologi, Gustriya Wijayanto, M.Pd., dan Natalia Setiawati BR Tarigan, M.Pd., keduanya dari dari Magister Administrasi Pendidikan FKIP. Sedangkan untuk jenjang Doktor (S3) berhasil meraih IPT adalah Dr. Timotius Iwan Susanto dari Prodi Doktor Sosiologi Agama Fakultas Teologi (3,92).

Dalam wisuda kali ini, sejumlah lulusan lainnya juga menorehkan prestasi di tingkat nasional dan internasional. Sebanyak 10 lulusan menerima Hak Kekayaan Intelektual (HKI), 1 lulusan berhasil melakukan publikasi jurnal di tingkat internasional Scopus Q2 dan 2 lulusan lainnya di Scopus Q3.

Advertisement

Sementara itu pada publikasi tingkat nasional 11 lulusan berhasil menembus jurnal terakreditasi Sinta 2 dan 30 lulusan lainnya pada Sinta 3. Tak hanya itu, beberapa lulusan lainnya juga meraih prestasi dalam konferensi internasional maupun nasional.

 

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif