news
Langganan

Terapkan Inovasi Pascapanen, Tim UKSW Dampingi Petani Kopi di Lereng Merbabu

by Brand Content  - Espos.id News  -  Kamis, 8 Agustus 2024 - 20:47 WIB

ESPOS.ID - Kegiatan pendampingan Tim PkM UKSW kepada petani kopi arabica yang ada di Dusun Ngaduman, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.(Istimewa)

Esposin, SALATIGA — Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, melaksanakan pendampingan dengan tema “Inovasi Pasca Panen dan Pemasaran Kopi Arabica Dusun Tertinggi di Lereng Merbabu dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Petani.”

Program yang ditujukan untuk Kelompok Tani Wonokaryo dan Koperasi Pemasaran Agribisnis Rahayu Ngudi Makmur ini berlangsung sejak Juni hingga Desember 2024 mendatang di Dusun Ngaduman, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Advertisement

Tim PkM UKSW di Ngaduman terdiri dari Dr. Evi Maria., M.Acc., Ak., CA, Ir. Djoko Murdono, M.S, dan Martin Setyawan, ST., M.Cs., serta mendapatkan pembiayaan melalui Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat di Tahun Anggaran 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

Tidak hanya melibatkan dosen, PkM yang bertujuan untuk mengimplementasikan inovasi dalam proses pasca panen dan strategi pemasaran kopi arabica ini juga melibatkan mahasiswa Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi, Prodi Sistem Informasi, Prodi Agroteknologi, dan Prodi Desain Komunikasi Visual UKSW dengan skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Advertisement

Tidak hanya melibatkan dosen, PkM yang bertujuan untuk mengimplementasikan inovasi dalam proses pasca panen dan strategi pemasaran kopi arabica ini juga melibatkan mahasiswa Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi, Prodi Sistem Informasi, Prodi Agroteknologi, dan Prodi Desain Komunikasi Visual UKSW dengan skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ketua tim PkM UKSW di Ngaduman, Dr. Evi Maria Rabu (8/8/2024), menyampaikan pembinaan petani kopi dan koperasi sudah dilakukan, namun belum optimal karena adanya keterbatasan dalam hal pengetahuan untuk mengelola bisnis kopi dan infrastruktur untuk pengolahan kopi.

Kondisi ini mendorong urgensi program pelatihan dan pendampingan terhadap mitra dengan harapan petani dan koperasi dapat melakukan pengolahan pasca panen dan mengelola bisnis kopi dalam bingkai kewirausahaan sosial, agar dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani.

Advertisement

Evi menambahkan, pihaknya juga sudah mendampingi koperasi dalam proses branding kopi Dusun Ngaduman, dengan merk Damalung yang saat ini dalam proses pendaftaran merk dan perizinan usahanya.

Antusias

Sebagai bagian dari kegiatan pendampingan, pada Sabtu (3/8/2024) telah diadakan penyuluhan tentang metode pengeringan biji kopi di Kedai Kopi Damalung, Dusun Ngaduman. Para peserta yang terdiri dari 20 petani kopi dan 4 pengurus koperasi sangat antusias mengikuti penyuluhan ini.

Dr. Evi Maria dalam sambutannya menekankan pentingnya inovasi dalam proses pasca panen dan pemasaran untuk meningkatkan daya saing kopi arabica di pasar.

"Pendampingan ini tidak hanya bertujuan meningkatkan kualitas produksi kopi, tetapi juga untuk memperluas jangkauan pemasaran produk kopi arabica dari Dusun Ngaduman dengan merk 'Damalung'. Kami berharap para petani dapat mengolah dan memasarkan kopi mereka dengan lebih baik, sehingga kesejahteraan petani dapat ditingkatkan," ujar Evi dalam keterangan tertulis.

Advertisement

Hadir sebagai narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Ir. Djoko Murdono, M.S., dari Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) UKSW, seorang dosen yang telah berpengalaman dalam pengolahan pasca-panen kopi yang membagikan pengetahuan tentang berbagai metode pengeringan biji kopi, baik alami maupun mekanis, untuk meningkatkan kualitas biji kopi. Ir. Djoko Murdono menambahkan bahwa selain penyuluhan, tim juga akan memberikan pelatihan langsung di lapangan serta mendampingi para petani dalam penerapan teknologi pengeringan dan strategi pemasaran yang telah dipelajari.

"Kami ingin memastikan bahwa para petani dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh secara praktis dan mendapatkan hasil yang optimal, baik dari segi kualitas produksi maupun penjualan," ujar Ir. Djoko Murdono.

Sementara itu, Martin Setyawan, M.Cs., anggota tim yang lain, juga menekankan pentingnya kolaborasi antara petani, koperasi, dan tim pendamping. "Kolaborasi yang baik akan mempermudah proses inovasi dan implementasi teknologi baru, serta membuka peluang bagi pemasaran kopi yang lebih luas. Merk 'Damalung' diharapkan dapat dikenal luas dan menarik minat konsumen," paparnya.

Advertisement

Para petani yang mengikuti penyuluhan ini mengaku sangat terbantu dengan adanya pendampingan dari Tim PkM UKSW. Mereka berharap dengan pengetahuan baru yang mereka peroleh, kualitas dan penjualan Kopi Arabica yang dihasilkan dapat meningkat dan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian petani kopi di Dusun Ngaduman.

Kepala Dusun Ngaduman, Suyadi menyampaikan apresiasinya terhadap program ini. "Kami sangat berterima kasih kepada Tim PkM UKSW dan Kemendikbud Ristek atas dukungannya. Kami berharap pendampingan ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi para petani kopi di Dusun Ngaduman," tegas Kepala Dusun Ngaduman.

Dengan adanya program pendampingan ini, diharapkan petani Kopi Arabica di Dusun Ngaduman dapat mengatasi berbagai tantangan dalam proses pasca panen dan pemasaran, serta mampu meningkatkan kesejahteraan mereka melalui inovasi dan peningkatan kualitas serta jangkauan pasar produk kopi petani kopi di Ngaduman.

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif