news
Langganan

Solopos Hari Ini : Nomor Urut Jadi Awal Perjuangan

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Selasa, 24 September 2024 - 08:39 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Selasa (24/9/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (24/9/2024), mengangkat headline tentang pengundian nomor urut para pasangan calon (paslon) peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) di wilayah Soloraya berlangsung tertib dan meriah. Semua paslon pun mengaku nomor yang mereka dapat sesuai dengan harapan dan filosofi masing-masing.

Diberitakan Solopos hari ini, di Kota Solo, pasangan calon wali kota (cawali) dan calon wakil wali kota (cawawali) Teguh Prakosa-Bambang ”Gage” Nugroho mendapatkan nomor urut 1 sedangkan Respati Ardi-Astrid Widayani mendapat nomor urut 2. Nomor urut itu diperoleh dalam pengundian yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo di Hotel Harris, Purwosari, Senin (23/9/2024).

Advertisement

Diwawancarai wartawan seusai pengun­dian, Teguh menyatakan nomor urut 1 yang diperolehnya sesuai dengan harapan. Teguh berharap nomor urut yang diperoleh akan beriringan dengan hasil Pilkada Solo 2024, yaitu kemenangan untuk Teguh-Bambang. “Kami mesti ikhtiar, meditasi, berharap bahwa filosofinya kan harapannya menang. Semua dalam pencalonan ini, nomor akan beriringan dengan kemenangan,” urai dia.

”Maka tidak ada salahnya kita berjuang untuk awal dari menuju kemenangan ini tahapannya kita mulai dengan penetapan, undi nomor, undi nomor ya harapannya ya filosofinya orang Jawa ya 1. Kalau sudah begitu tinggal berjuang,” imbuhnya. Teguh menambahkan nomor urut 1 akan memudahkan sosialisasi. “Dengan nomor 1 tangannya ya mudah yen ngelingke [kalau mengingatkan] orang juga kelingan [teringat],” terang dia.

Advertisement

”Maka tidak ada salahnya kita berjuang untuk awal dari menuju kemenangan ini tahapannya kita mulai dengan penetapan, undi nomor, undi nomor ya harapannya ya filosofinya orang Jawa ya 1. Kalau sudah begitu tinggal berjuang,” imbuhnya. Teguh menambahkan nomor urut 1 akan memudahkan sosialisasi. “Dengan nomor 1 tangannya ya mudah yen ngelingke [kalau mengingatkan] orang juga kelingan [teringat],” terang dia.

Sementara itu, pasangan cawali-cawawali, Respati dan Astrid, bersyukur mendapatkan nomor urut 2 yang disebut sebagai simbol keselarasan dan sinergitas. “Alhamdulillah kemanusiaan yang adil dan beradab. Semua nomor baik dan saya syukuri nomor berapa pun. Saya syukuri dapat nomor 2 karena kami berdua, istri nomor 1, pilihan Wali Kota nomor 2,” tutur Respati.

”Eling lan Waspada”, Pesan Pecas Ndahe untuk Pilkada Solo

Advertisement

Lirik dalam bahasa Jawa menceritakan Kota Solo yang bersih dan indah. Lirik lagu mengajak warga untuk menggunakan hak pilih secara damai. Mengajak warga untuk tetap guyub meski berbeda pilihan politik.

Sementara video klip menampilkan pula personel Pecas Ndahe, Doel, yang berseragam Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan perjalanan ke Kantor KPU Solo. Sementara Toni melantunkan lagu seraya bergantian berjoget dengan para personel KPU Solo.

3 Tahun MICE Jadi Andalan

Advertisement

JAKARTA—Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mencatat industri MICE (meetings, incentives, conferences, and exhibitions) menjadi salah satu industri andalan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam tiga tahun berturut-turut.

Hal itu disampaikan Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno seperti dikutip dari laman kemenparakraf.go.id yang diakses Espos, Senin (23/9/2024).

Sementara itu, dilansir bisnis.com, industri MICE memiliki efek berganda atau multiplier effect terhadap ekonomi Indonesia seiring dengan nilai traksaksi yang mencapai Rp100 triliun sepanjang 2023. Data Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) mencatat ada sekitar 138 pameran yang berlangsung sepanjang 2023 dengan jumlah peserta mencapai 30.449 perusahaan atau institusi.

Advertisement

Menumbuhkan Ekosistem Perfilman Berbasis Lokalitas

KARANGANYAR – Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, memosisikan diri sebagai desa kreatif inisiatif di bidang perfilman dengan ketetapan dari Bupati Karanganyar.

Institut Seni Indonesia (ISI) Solo melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat Tematis Kemitraan menyelenggarakan pelatihan kurasi film pada April hingga Agustus 2024 yang dipusatkan di Kafe Dandang Gulo.

Kafe ini menjadi salah satu tempat sentra kegiatan komunitas di Desa Karang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Pada Sabtu (21/9/2024) di tempat yang sama diadakan penutupan rangkaian kegiatan berupa pengukuhan tim kurator film Desa Karang serta penyerahan surat keputusan dari kepala desa.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (24/9/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif