news
Langganan

Solopos Hari Ini : Integritas Pemimpin Paling Penting

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Senin, 23 September 2024 - 07:27 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Senin (23/9/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (23/9/2024), mengangkat headline tentang para pemilih muda mengutamakan integritas yaitu kejujuran dan perilaku etis sebagai karakter utama calon pemimpin dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan datang.

Diberitakan Solopos hari ini, hal itu terungkap dalam survei yang dilakukan Byonz Research and Advisory, lembaga penelitian khusus mengenai perilaku anak muda, terutama Gen Z. Survei itu untuk mengetahui perspektif Gen Z terhadap kualitas yang diharapkan kepada calon pemimpin yang berkontestasi di pilkada. Selain itu, survei juga dilakukan untuk mengetahui isu substansi yang dirasa penting dan menjadi perhatian Gen Z di wilayahnya.

Advertisement

Survei ini melibatkan 1.400 responden dari seluruh Indonesia, dengan rentang usia 15-28 tahun, pada 1-8 September 2024. Metodologi survei menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif meng­gunakan platform online.

Untuk memastikan validitas dan reliabilitas dilakukan uji coba awal. Hasil survei dirilis pada Jumat (20/9/2024), dan disampaikan langsung oleh Co-Founder Byonz Research and Advisory/CEO Byonz Group, Zagy Yakana Berian.

Advertisement

Untuk memastikan validitas dan reliabilitas dilakukan uji coba awal. Hasil survei dirilis pada Jumat (20/9/2024), dan disampaikan langsung oleh Co-Founder Byonz Research and Advisory/CEO Byonz Group, Zagy Yakana Berian.

Mengenai perspektif pemimpin daerah, Gen Z di Indonesia sangat menghargai integritas. Sebagian besar Gen Z atau mereka yang lahir pada atau setelah tahun 2000 juga menyukai pemimpin dengan visi yang jelas dan strategis.

”Tilikan Fest”, Ketika Seni Menyikapi Dunia

Advertisement

“Literasi seni” bermaksud untuk melihat seni sebagai daya kritis dan sarana eksperimentasi bagi pergaulan/skena anak muda. Rangkaian programnya terdiri atas diskusi, ekspo komunitas, pertunjukan, pameran, workshop kreatif, bazar buku, dan agenda lainnya.

Salah satu penampil dalam kegiatan ini adalah Shelma Salindri yang membawakan lagu-lagu lembut dengan iringan ukulele, Sabtu (21/9/2024). Di antara la­gu yang ia bawa­kan di depan ratusan kawula muda yang hadir di Lokananta adalah Tidak Masalah Aku Perempuan.

Lintas Sektor Perlu Dukung Tarif Murah

Advertisement

JAKARTA—Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan hasil kajian rencana penurunan harga tiket pesawat. Kajian itu bisa terlaksana dengan dukungan lintas sektor dan kepentingan.

Kepala BKT Kemenhub Robby Kurniawan dalam keterangan di Jakarta, Jumat (20/9/2024), mengatakan bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub dan pemangku kepentingan terkait telah melakukan kajian terkait harga tiket pesawat.

“Kajian ini menghasilkan rekomendasi dan usulan langkah yang perlu diambil secara jangka pendek maupun menengah guna menurunkan harga tiket pesawat angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri kelas ekonomi,” kata dia seperti dilansir Antara.

Advertisement

Naskah Lontar Sritanjung Jadi Ikon Indonesia

JAKARTA—Perpustakaan Nasional menetapkan naskah lontar Sritanjung yang berisi kisah Sri Tanjung, tokoh legenda di Banyuwangi, sebagai ingatan kolektif nasional (Ikon).

Penetapan ini meneguhkan naskah lontar Sritanjung sebagai bagian penting peradaban bangsa. Lontar Sritanjung karya sastra itu tersusun dalam larik puisi dan pernah populer dalam ritual pelantunan tembang.

“Seusai ditetapkan, naskah lontar Sritanjung perlu lebih diaktualisasikan agar naskah tersebut melekat dalam ingatan masyarakat. Jadi, jika orang mendengar nama Banyuwangi mereka akan teringat dengan cerita-ceritanya,” kata Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpustakaan Nasional Agus Suyoto dalam keterangannya di Banyuwangi, Jumat (20/9/2024).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (23/9/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif