news
Langganan

Resmi Jadi Cawagub, Rano Karno Boleh Pakai Nama Si Doel di Pilgub Jakarta 2024

by Newswire  - Espos.id News  -  Minggu, 22 September 2024 - 18:59 WIB

ESPOS.ID - Calon wakil gubernur DKI Jakarta Rano Karno dalam pertemuannya dengan relawan pemenangan di Warung Garasi Si Doel, Jakarta, Jumat (6/9/2024). ANTARA/Luthfia Miranda Putri

Esposin, JAKARTA – Calon wakil gubernur Jakarta, Rano Karno, diperbolehkan memakai nama "Si Doel" saat kampanye dan di kertas suara dalam Pilgub Jakarta 2024. 

"Kami lakukan klarifikasi ke calon wakil gubernur atas nama Rano Karno dan yang bersangkutan menyatakan memiliki surat pengadilan yang dimaksud," kata Ketua Bidang Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, Dody Wijaya, dalam rapat pleno di Kantor KPU Jakarta, Minggu (22/9/2024). 

Advertisement

Dody mengatakan KPU mendapatkan tanggapan masyarakat pada Rabu (18/9/2024), yang menyampaikan lebih mengenal Rano Karno melalui perannya sebagai Si Doel. Oleh karena itu, masyarakat mengusulkan agar nama Si Doel tetap dicantumkan dalam surat suara.

Setelah dilakukan klarifikasi pada Sabtu (21/9/2024), ternyata Rano telah mengurus terkait penggunaan nama itu ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Atas dasar tersebut tanggal 21 September, kami lakukan klarifikasi kepada partai politik pengusul lalu kepada pasangan calon wakil gubernur. Di tanggal 21 tersebut kami diberikan salinan penetapan pengadilan dari Jakarta Selatan," ujarnya sebagaimana dilansir Antara

Advertisement

Berdasarkan Penetapan Pengadilan Nomor 899/pdt.p/2024/pn.jkt.sel, disebutkan nama Rano Karno, Haji Rano Karno, Haji Rano Karno SI.P, dan Si Doel, adalah nama satu orang yang sama.

Atas dasar tersebut, KPU menerima tanggapan masyarakat atas klarifikasinya dalam penetapan menetapkan nama cawagub atas nama Haji Rano Karno (Si Doel).

Rano Karno dikenal masyarakat melalui perannya sebagai Si Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Advertisement

Ada tiga partai pendukung calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Pramono Anung-Rano Karno yakni PDI Perjuangan, Hanura, dan Ummat.

KPU DKI Jakarta resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu (22/9/2024).

Ketiga paslon yakni Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel), Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen dinyatakan telah resmi menjadi cagub-cawagub DKI.


Advertisement
Chelin Indra Sushmita - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif