news
Langganan

Menhan Prabowo Bakal Beri Penghargaan Satgas yang Bebaskan Pilot Susi Air

by Akbar Evandio  - Espos.id News  -  Minggu, 22 September 2024 - 16:31 WIB

ESPOS.ID - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyapa sejumlah prajurit TNI saat penyerahan kendaraan dinas Babinsa di Kantor Koramil 03 Serengan, Solo, Selasa (24/1/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Esposin, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, akan memberikan penghargaan kepada satuan tugas (satgas) yang berhasil membebaskan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang disekap selama 1,5 tahun oleh Operasi Papua Merdeka (OPM) kelompok Egianus Kogoya. 

Hal ini disampaikan Prabowo Subianto dalam agenda pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang digelar dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di kawasan Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (22/9/2024). 

Advertisement

"Semua dari satuan yang bertugas di sana ya kita akan kasih apresiasi. Semua prajurit yang berprestasi akan kita kasih reward dan yang melanggar akan kita kasih punishment, itu visi misi saya," kata Prabowo Subianto kepada wartawan. 

Presiden terpilih periode 2024-2029 itu juga memastikan bahwa pilot yang bersangkutan diserahkan ke Duta Besar (Dubes) Selandia Baru seusai tiba di Jakarta.

"Sudah, sudah, secara pemerintahan sudah kita serahkan kepada pemerintah New Zealand," ucap Prabowo. 

Advertisement

Dia menambahkan, Philip berhasil dibebaskan seusai negosiasi yang cukup alot dengan KKB Egianus Kogoya. Philips bebas setelah pendekatan soft approach kepada KKB tersebut.

"Ya visi misi saya adalah untuk membebaskan sandera dengan soft approach. Dan kami sudah lama sekali untuk bernegosiasi, kemudian melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk TNI, Polri, dan juga Forkopimda yang ada di wilayah tersebut, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda," tuturnya. 

Selanjutnya, kata Prabowo, setelah dijemput oleh Satgas Cartenz di Distrik Maibarok, Nduga, Philip langsung mendapat pemeriksaan medis. Setelah kesehatan dan psikologis dari pilot berkebangsaan Selandia Baru itu dinyatakan cukup baik, Philip langsung diterbangkan ke Jakarta. 

Advertisement

Kini seluruh tanggung jawab terkait Pilot Susi Air itu telah diserahkan ke Kedubes Selandia Baru di Jakarta.

"Kemarin malam saya dengan Kapolri dan Menkopolhukam atas nama pemerintah, sudah menyerahkan kepada pemerintah New Zealand dan diterima oleh duta besar New Zealand yang ada di Indonesia," pungkas Prabowo.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Prabowo Bakal Beri Penghargaan ke Satgas yang Bebaskan Pilot Susi Air"

Advertisement
Chelin Indra Sushmita - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif