news
Langganan

SMP Warga Solo Adakan Gelar Karya dan Try Out SD/MI - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Bc  - Espos.id News  -  Selasa, 4 April 2023 - 06:11 WIB

ESPOS.ID - SMP Warga Solo mengadakan gelar karya dan try out siswa SD/MI. (Istimewa)

Esposin, SOLO--SMP Warga Solo mengadakan Gelar Karya dan Try out Ujian Sekolah SD/MI.

Gelar Karya adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh SMP Warga Solo untuk memberikan pengalaman dan keterampilan baru bagi peserta didik dalam berkreasi dan berinovasi.

Advertisement

Kegiatan ini secara umum diikuti oleh seluruh peserta didik SMP Warga Solo dari kelas 7 hingga kelas 9.

Gelar Karya diadakan pada tiap tengah semester dan diikuti oleh seluruh peserta didik yang memilih satu dari enam bidang yang tersedia, yaitu Seni Rupa, Musik, Tari, Teater, Jurnalistik, dan Komputer.

Advertisement

Gelar Karya diadakan pada tiap tengah semester dan diikuti oleh seluruh peserta didik yang memilih satu dari enam bidang yang tersedia, yaitu Seni Rupa, Musik, Tari, Teater, Jurnalistik, dan Komputer.

Setiap bidang memiliki tema yang berbeda-beda setiap tahunnya, sehingga peserta didik dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menghasilkan karya yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Salah satu guru SMP Warga, Dewi Mayangsari, menjelaskan peserta didik juga diajarkan untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan teman-teman mereka dalam membuat karya yang lebih baik.

Advertisement

Di bidang Musik, jelas dia, peserta didik diajarkan untuk memainkan alat musik dan menciptakan lagu yang berkualitas dengan tema yang telah ditentukan. Di bidang Tari, peserta didik diajarkan tentang gerakan dan ekspresi dalam menari.

Di bidang Teater, peserta didik diajarkan untuk berakting dan memainkan skenario yang telah ditentukan. Selain itu, peserta didik juga diajarkan teknik-teknik dasar dalam berakting dan membuat skenario.

Di bidang Jurnalistik, peserta didik diajarkan tentang teknik menulis berita, feature, dan opini. Selain itu, peserta didik juga diajarkan tentang etika jurnalistik dan tata cara penulisan yang benar.

Advertisement

Sedangkan di bidang Komputer, peserta didik diajarkan tentang teknologi informasi dan menghasilkan karya yang berkualitas dengan menggunakan program-program komputer yang telah disediakan.

Setelah peserta didik berhasil membuat karya-karya yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan, maka karya-karya tersebut akan dipamerkan dan dinilai. Dalam kesimpulannya, gelar karya untuk peserta didik dapat dianggap sebagai sebuah langkah awal untuk mempersiapkan mereka menjadi peserta didik yang lebih aktif dan mandiri.

Dia menjelaskan dengan gelar karya, peserta didik akan belajar untuk mengembangkan keterampilan seperti penelitian, pengembangan ide, serta keterampilan presentasi selain itu gelar karya sebagai upaya SMP Warga untuk melakukan penguatan profil pelajar pancasila (P5).

Advertisement

P5 SMP Warga dilaksanakan selama satu pekan, dari Selasa (7/3/2023) hingga Selasa (14/3/2023). P5 SMP Warga kali ini mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika.

Advertisement
Ahmad Mufid Aryono - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif