news
Langganan

Solopos Hari Ini : Hilirisasi Sektor Pangan Isu Strategis - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Sabtu, 21 September 2024 - 09:51 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Sabtu (21/9/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (21/9/2024), mengangkat headline tentang hilirisasi sektor pangan perlu menjadi fokus kebijakan publik selanjutnya karena bersifat strategis.

Diberitakan Solopos hari ini, sektor pangan dinilai memiliki peran besar dalam menjaga ketahanan pangan maupun untuk penyerapan tenaga kerja. Hal ini disampaikan Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2024-2027, Perry Warjiyo, saat menyampaikan Kajian Kebijakan Publik (KKP) V yang dibahas pada Kongres ISEI XXII di Solo, Jumat (20/9/2024).

Advertisement

KKP menjadi bagian dari peran ISEI dalam memberikan rekomendasi konkret untuk peningkatan ekonomi nasional dan daerah. Menurut Perry yang juga Gubernur Bank Indonesia ini, sektor pangan tidak hanya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sektor tersebut juga dinilai mampu menyerap tenaga kerja, serta mendukung ketahanan pangan untuk mengurangi im­por. Sektor pangan juga disebut turut mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Advertisement

Sektor tersebut juga dinilai mampu menyerap tenaga kerja, serta mendukung ketahanan pangan untuk mengurangi im­por. Sektor pangan juga disebut turut mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Dia mengatakan KKP tersebut telah disampaikan secara lang­sung kepada Presiden yang hadir dalam pembukaan Kongres ISEI XXII di Hotel Alila Solo, Kamis (19/9/2024). Selain KKP, ISEI juga menyampaikan beberapa rekomendasi.

10 Menit Sudah Sampai

Advertisement

Pengoperasian jalan tol segmen Kartasura-Klaten itu dilakukan setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (19/9/2024). Panjang ruas tol yang dioperasikan sekitar 22,3 kilometer (km). Ada tiga gerbang tol di sepanjang ruas yang sudah dioperasikan. Gerbang tol pertama adalah Gerbang Tol (GT) Banyudono di Kabupaten Boyolali yang terhubung dengan jalan raya Solo-Semarang.

Selanjutnya adalah Gerbang Tol Polanharjo di Kabupaten Klaten dengan lokasi keluar-masuk di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, yang terhubung dengan jalan raya Solo-Jogja. Gerbang tol ketiga adalah Gerbang Tol Klaten dengan lokasi keluar-masuk di Desa/Kecamatan Ngawen dan terhubung dengan jalan raya Klaten-Jatinom menuju pusat kota Kabupaten Klaten.

Membangun Manusia Bermakna dengan Wisata Pustaka

Advertisement

Ke mana saja Anda selama ini bertamasya? Pergi ke taman hiburan, menonton konser, atau jalan-jalan ke pusat perbelanjaan? Adakah perpustakaan terselip menjadi salah satu destinasi wisata Anda?

Apabila belum, mulailah memasukkan perpustakaan dalam daftar kunjungan sebagai agenda wisata pustaka yang akan mengantarkan Anda selangkah lebih mudah menjadi manusia makin bermakna.

September telah dinobatkan sebagai bulan Gemar Membaca dan tanggal 14 September ditetapkan menjadi Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) berdasarkan ketetapan Presiden Soeharto kepada Kepala Perpustakaan Nasional dengan Surat Nomor 020/A1/VIII/1995 tertanggal 11 Agustus 1995.

Advertisement

430 Pelamar Tidak Lolos Seleksi CPNS Sukoharjo

SUKOHARJO – Panitia Pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara Kabupaten Sukoharjo telah mengumumkan hasil seleksi administrasi secara online. Pelamar bisa mengakses pengumuman seleksi administrasi di portal Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bagi pelamar yang keberatan atas hasil seleksi administrasi dapat mengajukan sanggah pada 20 September-22 September.

Berdasarkan pengumuman tersebut, sebanyak 430 pelamar dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkab Sukoharjo 2024. Sementara itu, jumlah pelamar yang lolos seleksi adminitrasi sebanyak 4.902 orang.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sukoharjo, Santosa Budi Utomo, mengatakan berdasarkan hasil seleksi administrasi, terdapat 430 pelamar yang tidak lolos seleksi CPNS lantaran tidak memenuhi syarat.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (21/9/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif