news
Langganan

SDIT Nur Hidayah Gunakan ECard NH Smart, Mudahkan Siswa Kelola Uang Saku

by Maymunah Nasution  - Espos.id News  -  Jumat, 13 Oktober 2023 - 17:24 WIB

ESPOS.ID - Launching NH Smart dari SD Islam Terpadu, Jumat (13/10/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution)

Esposin, SOLO--SDIT Nur Hidayah melaunching E-Card NH Smart, Jumat (13/10/2023). Selepas kegiatan majelis pagi, semua siswa dari kelas 1-6 tidak melanjutkannya dengan pembelajaran pada jam pertama.

Mereka mengikuti kegiatan launching ECard NH Smart secara serentak. Siswa kelas 5 mengikuti kegiatan ini di ruang aula sekolah. Sementara kelas paralel lainnya mengikuti kegiatan launching di kelas masing-masing bersama wali kelas.

Advertisement

Kegiatan launching ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Bidang Pendidikan dan Bidang Sosial Yayasan Nur Hidayah. Selain itu juga menghadirkan perwakilan dari komite sekolah serta perwakilan dari PT Egref Telematika yang menjadi rekanan dari sekolah dalam program ECard NH Smart ini.

"Anak-anak, salah satu tujuan dari diluncurkannya kartu NH Smart ini supaya kalian belajar untuk mengelola uang saku sendiri dan mengajak kalian untuk tidak jajan sembarangan karena kartu ini hanya bisa digunakan di kantin dan koperasi sekolah, " ujar Kepala SDIT Nur Hidayah Rahmat Hariyadi dalam sambutannya di aula.

Kartu NH Smart ini mempunyai empat fungsi yaitu sebagai ID Card, e-Voucher, e-Library dan e-Mutabaah. Sebagai e-Voucher, semua siswa dan guru dapat melakukan transaksi pembelian di kantin dan koperasi sekolah.

Advertisement

Tetapi sebelum digunakan, kartu milik siswa harus diisi saldo dulu oleh orang tuanya kemudian bisa digunakan untuk membeli makanan, minuman, atau alat tulis di kantin atau koperasi. Orang tua pun bisa mengatur dan membatasi jumlah uang saku yang diberikan pada anak setiap harinya.

E-Library digunakan saat siswa dan guru berkunjung dan membaca di perpustakaan sekolah, kartu ini berfungsi layaknya kartu presensi. Sedangkan untuk E-Mutabaah, kartu ini membantu guru dan siswa mengecek capaian amalan harian ibadah siswa seperti wudu, salat, dan mengaji.

"Hari ini aku sudah jajan dan berkunjung ke perpustakaan pakai kartu NH Smart, ternyata mudah pakainya, tinggal menempelkan kartu di alat," ujar salah satu siswa kelas 3B, Nadhilah Rasyidah.

Advertisement
Ahmad Mufid Aryono - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : E Card SDIT Nur Hidayah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif