news
Langganan

Rektor Kupas Pengembangan UKSW, Nyalakan Semangat Menuju World Class University

by Brand Content  - Espos.id News  -  Jumat, 16 Agustus 2024 - 08:38 WIB

ESPOS.ID - Suasana sesi bersama Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami dan para Wakil Rektor dalam OMB Hari Ketiga, Rabu (14/8/2024).(Istimewa)

Esposin, SALATIGA — Hari ketiga Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2024 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), suasana Balairung Universitas dan ruangan lainnya dipenuhi dengan semangat dan harapan baru, Rabu (14/8/2024).

Di tengah antusiasme mahasiswa baru (maba), para pemimpin UKSW hadir dengan visi besar, menyalakan api semangat untuk membawa kampus tercinta menuju panggung dunia.

Advertisement

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., tampil di hadapan ribuan maba untuk memaparkan visi gemilang Arah Pengembangan UKSW.

Mendampingi Rektor Intiyas, hadir pula Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan (WR PAK) Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur, dan Perencanaan (WR KIP) Priyo Hari Adi, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., serta Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom. Menjadi sorotan utama dalam sesi pemaparan materi, Rektor Intiyas memulai dengan sapaan hangat penuh keakraban.

Advertisement

“Di UKSW, kita semua adalah keluarga. Di sini, dosen bukan hanya pengajar, tetapi juga kakak, mas, mbak yang selalu siap mendampingi. Suasana kekeluargaan ini menjadi pondasi kegiatan pengajaran dan pembelajaran di UKSW,” ungkapnya.

Dalam penyampaiannya, Intiyas memperkenalkan program kerja kepemimpinan UKSW yang diberi nama “Proud” yang merupakan singkatan dari Progressive and Outstanding.

Advertisement

"UKSW tidak hanya unggul, tapi lebih dari itu. Bersama-sama, kita berkolaborasi untuk mencapai visi besar ini," ujar Guru Besar Akuntansi ini dengan penuh keyakinan.

Raihan akreditasi Unggul yang sudah didapatkan UKSW, disampaikan Rektor Intiyas bukan merupakan puncak prestasi perguruan tinggi yang berdiri tahun 1956 ini, melainkan langkah awal menuju mimpi besar yaitu menempatkan UKSW sebagai World Class University di peringkat dunia 1001-1200 pada tahun 2027.

Mimpi ini salah satunya diwujudkan dengan berbagai program internasionalisasi yang memberikan mahasiswa eksposur internasional melalui kelas-kelas internasional, short course dengan pakar dunia, hingga kesempatan belajar di luar negeri.

"Kami ingin kalian tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga pelaku perubahan," lanjut Intiyas.

Mahasiswa UKSW diberi kesempatan untuk terlibat dalam publikasi, penelitian, dan inovasi yang bisa mendapatkan innovation fee. Ini merupakan bukti nyata dari visi UKSW sebagai Entrepreneurship Research University.

Tak hanya itu, UKSW juga berkomitmen menjadi kampus yang ramah lingkungan. Sebagai bagian dari upaya ini, kampus tidak lagi menerima karangan bunga, melainkan tanaman yang bisa dirawat dan dilestarikan. "Kita harus mulai merawat bumi dimulai dari kampus kita sendiri," tegasnya.

Infrastruktur dan Pembelajaran

Menyoroti pengembangan infrastruktur, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur, dan Perencanaan (WR KIP), Priyo Hari Adi, memaparkan materi tentang infrastruktur yang mendukung pembelajaran dengan cara yang lebih menyenangkan.

"Kami mendesain ruang kelas tematik seperti angkringan, cafe dan forest class untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif," jelasnya.

Di sisi lain, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kewirausahaan (WR RIK), Eko Sediyono menegaskan pentingnya riset dan inovasi sebagai detak jantung UKSW.

“UKSW menganggarkan Rp5 miliar untuk riset dan pengabdian masyarakat dalam setahun. Mahasiswa di UKSW tidak hanya menjadi peserta, tetapi juga pelaku riset dan inovasi yang hasilnya bisa diakui sebagai tugas akhir atau konversi nilai mata kuliah. "Di sinilah kalian ditempa untuk menjadi pemimpin masa depan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan (WR PAK), Prof. Ferdy Semuel Rondonuwu, mengakhiri pertemuan dengan pesan yang kuat.

"Keuletan adalah hal yang paling penting. Di UKSW, mahasiswa tidak hanya didorong untuk unggul secara akademik, tetapi juga dalam kepemimpinan dan pengembangan bakat. Jangan hanya bermimpi, tapi wujudkan dengan tindakan nyata. Jangan mudah menyerah, karena di sinilah kalian belajar menjadi pemimpin," pesannya.

Kesan Maba

Mengikuti sesi OMB ini memberikan kesan yang berharga bagi para maba. Salah satunya Ahmad Fitra Emmand, maba Program Studi (Prodi) Destinasi pariwisata Fakultas Interdisiplin mengaku pertemuan langsung dengan Rektor dan para Wakil Rektor adalah pengalaman yang menginspirasi.

“Di sini, kami sebagai maba mendapatkan gambaran jelas tentang arah dan program-program UKSW ke depannya. Salah satu materi yang berkesan adalah penjelasan mengenai kesempatan dan fasilitas belajar yang tersedia. Ini semakin memperkuat tekad saya untuk mengasah kemampuan dan berkontribusi maksimal selama menempuh pendidikan di sini,” ujar mahasiswa asal Sulawesi Tenggara ini.

Senada dengan pernyataan Ahmad, Meri Rustia Nungsih, maba Prodi Fisika Fakultas Sains dan Matematika (FSM) mengungkapkan bahwa pembahasan mengenai pertukaran mahasiswa dengan universitas di luar negeri menarik perhatiannya. “Rasanya, kesempatan untuk bisa belajar di luar negeri terbuka lebar di depan mata, dan saya tak sabar untuk meraih peluang itu,” ungkap maba asal Kebumen ini dengan antusias.

OMB 2024 ini disebut bukan sekadar rangkaian acara, tetapi cerminan dari visi besar yang penuh keyakinan. OMB hari ketiga ini turut diisi dengan pemaparan dari Direktorat Kemahasiswaan, Lembaga Kemahasiswaan, dan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di UKSW.

Dengan demikian, sesi pemaparan di hari ketiga OMB 2024 memberikan kontribusi menuju pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4 pendidikan berkualitas dan ke-9 industri, inovasi, dan infrastruktur.

 

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif