news
Langganan

Raup Dana Rp2,18 T, Start Up Ajaib Jadi Unicorn Ke-7 Indonesia

by Newswire  - Espos.id News  -  Senin, 4 Oktober 2021 - 18:35 WIB

ESPOS.ID - Kantor Unicorn Ajaib (istimewa)

Esposin, Jakarta - Fintech investasi saham dan reksadana, Ajaib, menjadi unicorn ke-7 Indonesia setelah mendapat suntikan dana Rp2,18 triliun.

Pendanaan Seri B untuk start up Ajaib tersebut dipimpin DST Global bersama dengan investor Ajaib terdahulu, yakni Alpha JWC, Ribbit Capital, Horizons Ventures, Insignia Ventures, dan Softbank Ventures Asia.

Advertisement

Sebagai informasi, DST Global dan Ribbit Capital merupakan investor besar yang menyuntik Robinhood, fintech investasi saham di Amerika Serikat.

Pertama

Adapun startup Ajaib adalah start up fintech unicorn pertama di kawasan Asia Tenggara.

Pencapaian Ajaib untuk sejajar dengan Gojek Tokopedia yang melebur menjadi GoTo, Bukalapak, Traveloka maupun Ovo ini diperoleh dalam dua tahun setengah tahun pertama.

Baca Juga: Gojek Merger dengan Tokopedia, Kesejahteraan Mitra Prioritas... 

Advertisement

Perjalanan tersebut diklaim Ajaib sebagai start up tercepat yang mencapai status unicorn di ASEAN.

Dengan Ajaib disuntik dana segar sebesar Rp2,1 triliun, maka total pendanaan yang telah dikantongi ini menjadi USD234 juta pada tahun 2021 ini.

Talenta Terbaik

Co-Founder dan CEO Ajaib Group, Anderson Sumarli mengatakan, Ajaib akan menggunakan pendanaan untuk merekrut secara besar-besaran talenta terbaik dan melakukan kampanye edukasi untuk menciptakan lebih banyak investor pemula.

"Misi kami adalah untuk menyambut investor baru ke layanan keuangan modern. Indonesia masih memiliki penetrasi investor saham sebesar 1%. Dan perjalanan kami masih panjang untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia," ujar Anderson dalam siaran persnya yang dikutip detik.com, Senin (4/10/2021).

Advertisement

Belum lama ini, Ajaib mengumumkan satu juta investor ritel saham, di mana jumlah investor RI baru memiliki 2,7 juta investor saham.

Kekuatan Investor

Pertumbuhan jumlah investor ritel saham di Indonesia menjadi momen membangun kekuatan investor generasi muda RI di masa mendatang.

Ajaib berkomitmen terus memberikan edukasi keuangan, terutama dalam bidang investasi melalui Program Generasi Saham yang telah dilakukan bersama BEI di berbagai daerah dengan literasi keuangan rendah.

Baca Juga: Kolaborasi Gojek-Tokopedia Bisakah Permudah UMKM Go Digital? 

Ajaib juga telah merekrut banyak veteran lama industri pasar modal.

Pada bulan lalu Ajaib mengumumkan pengangkatan Andi Gani Nena Wea, Komisaris Utama BUMN dan sosok yang dekat dengan Presiden Joko Widodo, sebagai Komisaris Utama Ajaib.

Berikut daftar ke-7 startup unicorn Indonesia:

GoTo Bukalapak Traveloka Ovo J&T Express Xendit Ajaib
Advertisement
Abu Nadzib - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif