news
Langganan

Peduli Lingkungan, Maba UKSW Kumpulkan 1 Kg dari Pohon di Salatiga

by Brand Content  - Espos.id News  -  Selasa, 20 Agustus 2024 - 15:12 WIB

ESPOS.ID - Aksi pencabutan paku dan pemungutan sampah oleh mahasiswa baru UKSW dalam kegiatan pengabdian masyarakat OMB 2024 di sepanjang jalan Salatiga, Jumat (16/8/2024).(Istimewa)

Esposin, SALATIGA – Dalam suasana penuh semangat dan kebersamaan, mahasiswa baru (maba) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga memulai perjalanan akademis mereka dengan aksi nyata pengabdian masyarakat, Jumat (16/8/2024).

Melalui rangkaian Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2024, ratusan maba berpartisipasi aktif dalam kegiatan pencabutan paku liar dari pepohonan yang ada di Kota Salatiga.

Advertisement

Sejak pagi, maba yang terbagi dalam beberapa kelompok menyusuri jalan-jalan di Salatiga. Sebagian kelompok memulai aksi dari Rumah Noto UKSW dan bergerak menyusuri sepanjang Jl. Diponegoro.

Kelompok lainnya melanjutkan kegiatan di Jalan Monginsidi dan Jalan Osamaliki. Adapun kelompok lain yang memulai dari Graha Kartini UKSW, berlanjut menyusuri Jl. Kartini, Jl. Moh Yamin, dan Jl. Margosari.

Advertisement

Kelompok lainnya melanjutkan kegiatan di Jalan Monginsidi dan Jalan Osamaliki. Adapun kelompok lain yang memulai dari Graha Kartini UKSW, berlanjut menyusuri Jl. Kartini, Jl. Moh Yamin, dan Jl. Margosari.

Meski sinar matahari mulai menyengat, semangat para maba tak surut. Berbekal peralatan sederhana berupa tang dan palu, mereka menyisir pohon-pohon di sepanjang jalan, fokus untuk mencari dan mencabut setiap paku yang ditemui. Tidak hanya itu, para maba juga melakukan aksi pembersihan lingkungan dengan mengambil sampah-sampah yang ditemukan di sepanjang jalan.

Dari aksi ini, mereka berhasil mengumpulkan sebanyak 1 kilogram paku, menunjukkan banyaknya paku liar yang berhasil dibersihkan dari pepohonan.

UKSW Go Green

Panitia pendamping kegiatan, Petra Adi Prasetya, menyampaikan  aksi pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian para maba terhadap lingkungan.
Advertisement

Petra menambahkan bahwa ia turut terkesan dengan semangat para maba selama melakukan aktivitas. “Mereka mengecek ke setiap pohon dan mencabut setiap paku yang ada. Semoga setelah ini para maba semakin memiliki kecintaan dalam menjaga dan merawat tanaman,” ucapnya.

Antusiasme maba diungkapkan oleh Cerdasio Ricardo Da Costa, maba Program Studi (Prodi) Teknologi Pangan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Ia mengaku merasa sangat senang bisa terlibat aktif dalam kegiatan. Perasaan serupa dirasakan Kheren Dian Rhenata, maba Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM).

“Lewat kegiatan pencabutan paku di pohon dan pengambilan sampah tadi, tentu ini bisa semakin membangun kesadaran bagi setiap dari kami untuk peduli dengan alam sekitar,” katanya dalam rilis UKSW.

Advertisement

Pengabdian Masyarakat OMB 2024 juga diisi dengan aksi penanaman pohon di area Kampus Notohamidjojo, Blotongan.

 

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif