news
Langganan

Menjadi Bagian Kurikulum Merdeka dan MBKM, Maba UKSW Diajak Kembangkan Talenta

by Brand Content  - Espos.id News  -  Jumat, 16 Agustus 2024 - 05:38 WIB

ESPOS.ID - Salah satu peserta bertanya saat kegiatan OMB 2024 UKSW di Balairung Universitas, Selasa (13/8/2024).(Istimewa)

Esposin, SALATIGA — Hari kedua Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2024 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menghadirkan suasana yang penuh semangat saat sesi pemaparan informasi di Balairung Universitas, Selasa (13/8/2024).

Mahasiswa baru (maba) diajak untuk mengenal lebih dekat berbagai aspek kehidupan kampus, mulai dari pengetahuan akan proses keuangan oleh Direktorat Anggaran, Keuangan, dan Akuntansi (DAKU), hingga layanan kesehatan dari Klinik Pratama serta pentingnya literasi informasi yang dibahas oleh bagian Perpustakaan. Tidak ketinggalan, Campus Ministry yang turut mengajak maba untuk memahami dan terlibat dalam kegiatan layanan kerohanian di UKSW.

Advertisement

Salah satu sesi yang dinanti adalah pemaparan dari Direktorat Pembelajaran dan Pengajaran (DAR) mengenai Kurikulum Talenta Merdeka dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Di hadapan ribuan maba, Direktur DAR, Yustinus Calvin Gai Mali, S.Pd., M.Hum., Ph.D., memaparkan materi. Mengawali pemaparannya, Yustinus menjelaskan Kurikulum Talenta Merdeka didesain untuk memastikan setiap mahasiswa memiliki ruang untuk mengembangkan talenta dan kompetensi mereka sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat.

Advertisement

Di hadapan ribuan maba, Direktur DAR, Yustinus Calvin Gai Mali, S.Pd., M.Hum., Ph.D., memaparkan materi. Mengawali pemaparannya, Yustinus menjelaskan Kurikulum Talenta Merdeka didesain untuk memastikan setiap mahasiswa memiliki ruang untuk mengembangkan talenta dan kompetensi mereka sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat.

Berbagai pilihan program MBKM yang telah banyak diikuti oleh mahasiswa UKSW juga ditawarkan Yustinus kepada maba. Program-program ini meliputi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Kampus Mengajar, Praktisi Mengajar, hingga Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), yang memungkinkan mahasiswa merasakan pengalaman belajar yang lebih luas, baik di dalam maupun di luar kampus.

Salah satu inovasi menarik dari Kurikulum Talenta Merdeka yang diperkenalkan Yustinus adalah Tugas Talenta Unggul (TTU). Alih-alih mengikuti tugas akhir yang umumnya berbentuk skripsi, mahasiswa kini dapat memilih bentuk tugas akhir yang lebih fleksibel dan relevan dengan minat serta kemampuan mereka melalui TTU.

Advertisement

Yustinus kemudian juga mengingatkan maba untuk memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan dari Kurikulum Talenta Merdeka dan Program MBKM. “Melalui program dan kurikulum ini, diharapkan para mahasiswa bisa menjadi Creative Minority yang berdaya dampak. Jangan ragu pula untuk menjadi proaktif dan berani mengambil setiap kesempatan belajar yang ada di UKSW,” pesannya.

Antusiasme Mahasiswa Baru

Pemaparan menuai respons positif dari para maba. Salah satunya Adirsion Bahagia, maba Program Studi (Prodi) Teologi Fakultas Teologi (FTEOL) yang mengaku merasa sangat terbantu dengan materi yang disampaikan.

"Kurikulum Talenta Merdeka tidak hanya mengajarkan tentang materi tetapi juga praktiknya. Melalui kurikulum ini, saya bisa memiliki peluang untuk kuliah di universitas lain dan juga mendapatkan teman-teman baru," kata maba asal Maluku Utara ini.

Senada dengan pernyataan Adirsion, Farhan Nugroho Adi Saputra, maba Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), mengaku sangat tertarik dengan materi khususnya konsep TTU.

Advertisement

“Materi ini sangat bermanfaat dan menarik. Dengan adanya kurikulum ini, kita bisa lebih mengembangkan talenta yang kita punya sekaligus memiliki lebih banyak pilihan untuk bentuk tugas akhir,” ujarnya.

Dengan demikian, sesi pemaparan di hari kedua OMB 2024 ini turut memberikan kontribusi menuju pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4 pendidikan berkualitas dan ke-9 industri, inovasi, dan infrastruktur.

 

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif