news
Langganan

Keren! Voice of SWCU UKSW Raih Gold Prize pada Kompetisi Internasional di Tokyo

by Brand Content  - Espos.id News  -  Kamis, 1 Agustus 2024 - 19:20 WIB

ESPOS.ID - Voice of SWCU berhasil membawa pulang piala Gold Prize dalam kompetisi Tokyo International Choir Competition (TICC) 2024, baru-baru ini.(Istimewa)

Esposin, SALATIGA — Senandung merdu dengan harmoni yang memikat, membawa Voice of Satya Wacana Christian University (Voice of SWCU) kembali mengharumkan nama Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga di tingkat dunia.

Paduan suara kampus Indonesia Mini yang termanis ini terus melebarkan sayapnya dengan torehan prestasi di panggung internasional. Kali ini, Voice of SWCU mendapatkan penghargaan membanggakan dalam kompetisi Tokyo International Choir Competition (TICC) 2024 Jumat hingga Minggu (26-28/07/2024) di Harumi Tokyo.

Advertisement

Voice of SWCU berhasil membawa pulang dua piala Gold Prize pada kategori Mixed Choirs dipimpin oleh conductor Eriyani Tenga Lunga dan kategori Folklore Music dipimpin oleh conductor Juanita Theresia Adimurti, S.Sn., M.Pd.

Dalam ajang bergengsi tersebut mereka mempersembahkan penampilan memukaunya dengan memadukan elemen tradisional dan modern. Setiap nada terdengar sempurna, membalut lirik yang menggugah dalam harmoni indah saat Voice of SWCU membawakan lagu Shio No Ne, Gloria Patri, dan Lux Aeterna pada kategori Mixed Choirs.

Advertisement

Dalam ajang bergengsi tersebut mereka mempersembahkan penampilan memukaunya dengan memadukan elemen tradisional dan modern. Setiap nada terdengar sempurna, membalut lirik yang menggugah dalam harmoni indah saat Voice of SWCU membawakan lagu Shio No Ne, Gloria Patri, dan Lux Aeterna pada kategori Mixed Choirs.

Selain itu, pada TICC 2024 ini Voice of SWCU juga memperkenalkan budaya Indonesia melalui lagu daerah yakni Oh Ading Koh dari Kalimantan Timur dan Tari Kembang Soka yang merupakan tarian daerah dari Ponorogo, Jawa Timur. Kedua lagu tersebut dinyanyikan pada kategori Folklore Music.

Capaian prestasi ini menandaskan komitmen UKSW untuk berkontribusi dalam Sustainable Development Goals (SDGs) ke 4 Pendidikan Berkualitas.

Advertisement

Prestasi internasional yang diraih oleh Voice of SWCU bukanlah hal yang datang dengan mudah. Saat disinggung mengenai persiapan yang dilakukan, Juanita Theresia mengungkapan Voice of SWCU telah mempersiapkan dokumen administrasi dan latihan sejak bulan Februari lalu.

“Sebelum bertanding, Voice of SWCU juga terus mengasah kemampuannya melalui kompetisi-kompetisi pada tingkat nasional dan regional Jawa Tengah,” jelasnya.

Lebih jauh disampaikannya, TICC 2024 ini memberikan pengalaman baru bagi Voice of SWCU baik dari aspek teknis maupun non teknis. “Adapun pembelajaran yang kami dapat adalah tim ini harus siap mental, jiwa, raga, dan materi lomba,” bebernya.

Advertisement

Selain itu, Juanita Theresia juga menerangkan setelah kompetisi TICC 2024 ini, Voice of SWCU akan mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) mahasiswa nasional di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Selasa (29/10/2024) hingga Sabtu (02/11/2024) mendatang.

Membanggakan UKSW

Prestasi gemilang ini mendapatkan apresiasi positif dari pimpinan universitas. Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M. Si., LLM, Ph. D (AFHEA) mengungkapkan capaian ini merupakan prestasi yang membanggakan UKSW.

“Selaku WR KK saya mengucapkan selamat atas prestasi Voice of SWCU pada kompetisi TICC 2024 di Harumi Jepang yang berhasil mendapat Gold Prize di kategori Mixed Choir dan di kategori Folklore Music,” katanya.

Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy juga berharap Voice of SWCU terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraihnya . “Kami berharap Voice of SWCU terus memainkan peran positif dalam branding UKSW sebagai universitas yang bernyanyi bagi kemuliaan Tuhan.

Advertisement

Sementara itu, Direktur Direktorat Kemahasiswaan (DEM) Giner Maslebu, S.Si., S.Pd., M.Si., juga mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian tersebut. Disampaikannya, Voice of SWCU berhasil mengharumkan nama Indonesia dan almamater tercinta dalam Kompetisi Paduan Suara tingkat dunia di Jepang.

“Terima kasih untuk dukungan penuh dari pimpinan dan seluruh civitas academica UKSW. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa para mahasiswa UKSW mampu bersaing secara global dengan tim-tim lain dari berbagai belahan dunia,” imbuhnya.

Ia berharap ke depannya, Voice of SWCU terus menorehkan prestasi. Kemenangan ini lanjutnya, menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa UKSW lainnya untuk mengembangkan diri di bidang keilmuan, seni, dan olahraga sehingga mampu meraih prestasi pada level nasional hingga internasional.

 

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif