news
Langganan

Harmonisasi UKSW dan Chang Jung Christian University Taiwan dalam GlobEEs 2024

by Brand Content  - Espos.id News  -  Minggu, 21 Juli 2024 - 03:51 WIB

ESPOS.ID - Perwakilan dari Chang Jung Christian University (CJCU) Taiwan menampilkan budaya dalam kegiatan Cultural Performance GlobEEs 2024 di UKSW belum lama ini.(Istimewa)

Esposin, SALATIGA — Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga mengambil langkah besar dalam internasionalisasi pendidikan melalui penyelenggaraan program Global Education Experiences (GlobEEs) 2024. Kali ini, program yang menjadi agenda tahunan mahasiswa UKSW dan Chang Jung Christian University (CJCU) Taiwan ini mengangkat tema “Supporting SDGs in Indonesia: Case Studies in Yogyakarta and Salatiga”.

GlobEEs yang berlangsung dari 6 hingga 20 Juli 2024 ini menjadi wadah bagi 21 mahasiswa dari tiga universitas yaitu UKSW Salatiga, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, dan Chang Jung Christian University (CJCU) Taiwan untuk mendapatkan pengalaman pendidikan dan kebudayaan dari negara yang berbeda. Tahun ini, UKSW menjadi tuan rumah dan UKDW sebagai panggung utama.

Advertisement

Menurut Leader GlobEEs yang juga Direktur Direktorat Pembelajaran dan Pengajaran (DAR) UKSW, Yustinus Calvin Gai Mali, Ph.D., GlobEEs 2024 bukan sekadar program biasa.

“Melalui program ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk menjelajah lingkungan belajar yang multikultur, mengasah sensitivitas, dan menyelami makna tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia dan Taiwan,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Advertisement

“Melalui program ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk menjelajah lingkungan belajar yang multikultur, mengasah sensitivitas, dan menyelami makna tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia dan Taiwan,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Berkesempatan belajar di UKSW dan Salatiga selama 3 hari, para mahasiswa tak hanya belajar di kelas, tapi juga menjalani kegiatan yang terkait dengan SDGs, seperti SDGs 6 (Air Bersih dan Sanitasi Layak), SDGs 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur), SDGs 10 (Berkurangnya Kesenjangan), dan SDGs 16 (Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh).

Mereka terlibat dalam serangkaian aktivitas yang beragam, mulai dari sesi kelas yang menggugah pikiran, tur kampus yang menginspirasi, hingga culture performance yang memukau. Tak ketinggalan, dilakukan juga kunjungan industri ke Kampung Singkong Argotelo.

Harmoni Budaya

Salah satu momen berharga di UKSW adalah saat mahasiswa terlibat dalam kegiatan Cultural Performance, Selasa (16/7/2024) sore. Ketiga universitas ini menampilkan harmoni budaya dan semangat kolaborasi yang luar biasa.
Advertisement

Salah satu mahasiswa UKSW Putri Paulin Anastasia Bureni mengungkapkan perasaan gembiranya usai kegiatan culture performance ini.

“Sangat senang bisa menampilkan budaya Indonesia di depan teman-teman dari Taiwan. Harapannya, dengan ini mereka bisa mengenal budaya Indonesia yang indah,” ungkapnya.

Mahasiswa CJCU pun tidak kalah memukau dengan pertunjukan kaligrafi, tarian K-pop, dan nyanyian populer dari Taiwan berjudul “Yue Liang Dai Biao Wo De Xin” oleh Teresa Teng. Tak ketinggalan, mahasiswa UKDW menampilkan tarian kreasi dengan mencampur empat daerah yaitu Betawi, Jawa, Ambon (Maluku), dan Papua.

Advertisement

Di balik segala keseruan, terselip kesan mendalam dari para peserta. Shie, Cheng-Yu (Una), mahasiswa dari Taiwan, merasa begitu nyaman dengan cuaca Salatiga yang sejuk dan pemandangannya yang memikat. “Saya sangat senang, ini adalah pengalaman pertama saya mengunjungi UKSW. Cuaca di sini sangat sejuk dan pemandangannya indah,” ujarnya.

Sementara itu, Khulud Abubakar M (Khulud)u dari Tanzania, mengagumi kampus UKSW yang luas dan makanan di Salatiga yang lezat.

“Saya juga sangat menikmati waktu dan program yang saya ikuti di sini. Saya akan kembali ke Indonesia suatu saat nanti,” katanya dengan senyum.

Advertisement

 

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif