news
Langganan

Universitas Sugeng Hartono Gelar Pelatihan Kader Posyandu di Sukoharjo - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Brand Content  - Espos.id News  -  Jumat, 13 September 2024 - 11:42 WIB

ESPOS.ID - Universitas Sugeng Hartono (USH) menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Pemula (PMP) di Auditorium USH, pada 25 Juli 2024 lalu.(Istimewa)

Esposin, SUKOHARJO - Universitas Sugeng Hartono (USH) menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Pemula (PMP) di Auditorium USH, pada 25 Juli 2024 lalu.

Kegiatan tersebut merupakan implementasi hibah pengabdian kepada masyarakat dari Kemendikbud Ristek Dikti, dengan fokus pada penguatan kapasitas kader Posyandu Desa Madegondo, Sukoharjo.

Advertisement

Acara tersebut dihadiri sekitar 70 peserta, yang terdiri dari kader Posyandu Kelurahan Madegondo, perwakilan Puskesmas Grogol, Kepala Desa Kelurahan Madegondo, dan perwakilan Pokja IV Kecamatan Grogol.

Tim pelaksana kegiatan tersebut dipimpin oleh Etik Sulistyorini, S.ST., M.Kes., dengan anggota tim Fitria Hayu Palupi, S.ST., M.Kes., dan Nimas Ratna Sari, M.Sc.

Advertisement

Tim pelaksana kegiatan tersebut dipimpin oleh Etik Sulistyorini, S.ST., M.Kes., dengan anggota tim Fitria Hayu Palupi, S.ST., M.Kes., dan Nimas Ratna Sari, M.Sc.

Judul program yang diusung adalah “Penguatan Kapasitas Kader Posyandu dalam Teknik Komunikasi antar Pribadi dan Pembuatan Media Konseling berbasis Artificial Intelligence untuk Pencegahan Stunting.”

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Esposin, nateri yang disampaikan meliputi teknik komunikasi antar pribadi (KAP), konseling kesehatan, dan pembuatan media konseling berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk pencegahan stunting.

Advertisement

"Pelatihan ini dirancang untuk diikuti dengan pendampingan langsung di posyandu-posyandu Desa Madegondo. Pendampingan ini bertujuan memastikan bahwa kader-kader posyandu dapat menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam interaksi sehari-hari dengan sasaran yaitu ibu hamil, ibu menyusui, ibu dengan balita, remaja putri, dan wanita usia subur," ujar Etik Sulistyorini dalam rilis.

Diharapkan, lanjutnya, kegiatan tersebut dapat meningkatkan keterampilan komunikasi kader posyandu sehingga mereka lebih efektif dalam menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

Dengan teknik komunikasi yang lebih baik, diharapkan terjadi perubahan perilaku positif pada sasaran, seperti peningkatan kepatuhan terhadap program kesehatan dan upaya pencegahan stunting.

Advertisement

Selain itu, masyarakat diharapkan memiliki kesadaran lebih tinggi untuk berperilaku sehat dan memanfaatkan teknologi dalam pencegahan stunting. Peningkatan literasi digital dan kesehatan ini diharapkan dapat membantu mengurangi prevalensi stunting di daerah tersebut.

Kegiatan ini juga menunjukkan peran nyata Universitas Sugeng Hartono dalam memberdayakan masyarakat. Dengan melibatkan akademisi dalam kegiatan pengabdian, USH memperkuat kontribusinya dalam menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan berpendidikan.

Disebutkan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Sugeng Hartono ini merupakan langkah strategis dalam upaya pencegahan stunting melalui peningkatan kapasitas kader posyandu.

Advertisement

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan teknik komunikasi yang efektif, diharapkan terjadi perubahan positif yang signifikan dalam kesehatan masyarakat di Madegondo, Grogol, Sukoharjo.

Dijelaskan pula, USH berkomitmen untuk terus mendukung dan berkontribusi dalam kegiatan pengabdian masyarakat demi terwujudnya Indonesia yang lebih sehat dan cerdas.

 

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif