news
Langganan

Pamitan dari Seskab, Pramono Janji Tak Bocorkan Informasi ke Media Massa - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Newswire  - Espos.id News  -  Jumat, 20 September 2024 - 13:51 WIB

ESPOS.ID - Eks Sekretaris Kabinet Pramono Anung menusap air matanya saat menyampaikan pidato perpisahan kepada jajaran pegawai Sekretariat Kabinet di Jakarta, Jumat (20/9/2024). (Antara/Sulthony Hasanuddin)

Esposin, JAKARTA — Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengungkapkan niatnya untuk pamit secara langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), setelah ditugaskan PDIP untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Dalam pernyataan yang disampaikan usai acara perpisahan dengan para staf dan pejabat Kementerian Sekretariat Kabinet di Jakarta, Jumat (20/9/2024), Pramono menyatakan bahwa ia sudah mengajukan permohonan kepada Jokowi sebelum tanggal 22 September 2024, saat penetapan calon.

Advertisement

"Saya tidak ingin menjadi beban di kantor ini setelah penetapan," katanya.

Ia menjadwalkan untuk menghadap Jokowi segera setelah Presiden kembali dari Surabaya dalam waktu dekat.

Advertisement

Ia menjadwalkan untuk menghadap Jokowi segera setelah Presiden kembali dari Surabaya dalam waktu dekat.

Pramono juga menyampaikan bahwa Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kabinet.

Mengenai kinerjanya selama 9 tahun menjabat, Pramono menyatakan bahwa sistem di Kementerian Sekretariat Kabinet telah berjalan dengan baik dan beberapa urusan administratif perlu diselesaikan sebelum ia pergi.

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, Pramono yang juga seorang kader PDIP menegaskan bahwa selama menjabat, ia selalu bekerja profesional tanpa campur tangan partai politik.

"Jejak rekam saya selama 9 tahun menunjukkan komitmen penuh terhadap tugas ini," katanya.

PDIP resmi mengusung kadernya sendiri, Pramono Anung dan Rano Karno sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024 dan mendaftarkan mereka ke KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024).

Advertisement

Gelar Pesta Perpisahan

Pramono juga menggelar acara perpisahan dengan para staf dan pejabat Kementerian Sekretariat Kabinet (Seskab).

Pramono mengungkapkan rasa terima kasih dan kedekatannya dengan seluruh karyawan selama dua periode menjabat.

Advertisement

"Saya selama dua periode memimpin Seskab ini, saya sangat dekat dengan seluruh staf, karyawan, serta pejabat di lingkungan Seskab. Saya bekerja untuk memberi hati dan juga sekaligus mengubah paradigma yang ada," katanya.

Pramono menekankan transformasi yang telah terjadi di Seskab selama kepemimpinannya.

"Sekarang Seskab menjadi lembaga yang disegani dan dihormati. Kami berhasil mengubah paradigma kerja dan menerapkan kultur yang fighter dan bahagia," ujarnya.

Ia juga bangga atas pencapaian lembaganya yang berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dengan nilai tinggi.

Menanggapi hubungannya dengan Presiden di tengah dinamika politik, politisi PDIP itu menyatakan memiliki hubungan yang sangat baik dengan Presiden dan Wakil Presiden.

"Saya mempunyai hubungan yang sangat baik dengan Presiden maupun Wakil Presiden, bahkan ketika hubungan beliau dengan partai yang dekat dengan saya itu ada perbedaan, saya tetap menjalin komunikasi dengan baik dan terbuka," katanya.

Ia menegaskan komitmennya untuk menjaga integritas dan tidak membocorkan informasi kepada media massa.

"Saya adalah orang yang sama sekali selama menjabat itu tidak pernah mau bicara ke luar, apalagi dengan wartawan, yang sifatnya off the record. Saya sama sekali tidak mau," katanya.

Upaya tersebut ia lakukan demi memberikan pendidikan sekaligus tanggung jawab terhadap diri sendiri.

"Semuanya saya kerjakan dengan sungguh-sungguh, walaupun saat kondisinya sedang tidak baik," katanya.


Advertisement
Mariyana Ricky P.D - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif