news
Langganan

Tim UNS Gelar Pelatihan Legal Drafting Perdes bagi BPD Tegalmade Sukoharjo

by Brand Content  - Espos.id News  -  Senin, 23 September 2024 - 11:00 WIB

ESPOS.ID - Tim dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Mojolaban, Sukoharjopada Jumat (20/9/2024). (Istimewa)

Esposin, SOLO — Tim dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan pendanaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tim tersebut diketuai Dr. Mulyanto, SH.M.Hum dengan anggota Dr. Wiharto, S.T., M.Kom. dan Dr. Irfan AN,A.Ag., M.Ag.  

Mereka menggelar kegiatan dengan tema PKM Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Tegalmade dalam Mengaplikasikan Perdes Partisipatif Berbasis Legal Drafting UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa Guna Mewujudkan Good Village Governance pada Jumat (20/9/2024). 

Advertisement

Kegiatan yang menyasar BPD Tegalmade, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo tersebut merupakan implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

"Tujuan kegiatan tersebut untuk sharing knowledge mengenai legal drafting Peraturan yang diajarkan dikampus disampaikan langsung kepada BPD selaku legislatif desa yang memiliki tugas utama menyusun Perdes," ujar Mulyanto dalam keterangan tertulis dikutip Senin (23/9/2024). 

Selain itu, lanjutnya, kegiatan tersebut juga bertujuan meningkatkan keterampilan dalam menggunakan komputer atau penguasaan teknologi informasi (TI) guna mendukung kinerja penataan organisasi BPD Tegalmade dalam menghasilakn Perdes partisipatif berbasis good village governance.

Advertisement

Respons positif disampaikan oleh peserta dari BPD Tegalmade, Mojolaban, Sukoharjo yang berpendapat kegiatan pelatihan legal drafting Perdes sangat bermanfaat bagi organisasi legislatif Desa sekaligus dapat peningkatan keterampilan (skill) legal drafting bagi anggota BPD Tegalmade dalam penyusunan Perdes.


Advertisement
Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif