news
Langganan

Sudah Dibuka, Cek Cara Daftar Petugas Haji 2024 Lewat Online - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Nugroho Meidinata  - Espos.id News  -  Selasa, 12 Desember 2023 - 17:56 WIB

ESPOS.ID - Petugas membawa jemaah haji lansia menggunakan kursi roda setibanya di Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali, Rabu (5/7/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Esposin, SOLO — Kementerian Agama (Kemenag) telah membuka pendaftaran petugas haji 2024 dengan cara online yang sudah dimulai sejak Kamis, 7 Desember 2023.

Proses seleksi ini dilakukan secara online sehingga pendaftar tidak perlu datang ke Kantor Kemenag Kota/Kabupaten yang tersebar di Indonesia. Pendaftaran ini dibuka selama 11 hari, dari 7-17 Desember 2023.

Advertisement

“Hari ini, kami umumkan ke publik bahwa pendaftaran seleksi petugas haji untuk PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi akan segera dibuka. Proses pendaftaran akan berlangsung dari 7 sampai 17 Desember 2023,” ujar Direktur Bina Haji Ditjen PHU Arsad Hidayat di Jakarta, Selasa (5/12/2023) sebagaimana diberitakan Antara.

Lalu, bagaimana cara mendaftar sebagai petugas haji 2024 secara online?

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), masyarakat yang memenuhi syarat dan berminat bisa mendaftar melalui Pusaka Superapps Kementerian Agama atau pun bisa mengakses laman berikut https://haji.kemenag.go.id/petugas/#/register.

Advertisement

Setelah mengakses halaman tersebut, masyarakat bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Cara Daftar Petugas Haji 2024

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, calon petugas menunggu proses verifikasi dan approval dari Kankemenag Kab-Kota Kanwil sesuai dengan pilihan tempat mendaftar. Apabila sudah diverifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran awal, maka akan muncul notifikasi di Nomor WhatsApp Calon Petugas yang menjelaskan status ‘diterima’ atau ‘ditolak’.

Setelah sukses mendaftar dan diterima serta mendapatkan notifikasi melalui nomor WhatsApp, mereka bisa mengakses kembali aplikasi seleksi petugas haji tahun 2024, untuk membuat akun dengan cara sebagai berikut:

Setelah membuat akun, maka calon petugas mengisi biodata yang dibutuhkan dan akan diverifikasi oleh panitia.

Demikian cara mendaftar sebagai petugas haji 2024 secara online.

Advertisement
Nugroho Meidinata - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif