news
Langganan

PPDB TK-SMP Solo 2024 Jalur Zonasi Dimulai Besok, Ini Jadwal dan Ketentuannya - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Dhima Wahyu Sejati  - Espos.id News  -  Minggu, 7 Juli 2024 - 14:32 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi penerimaan peserta didik baru atau PPDB. (Dok Solopos)

Esposin, SOLO — Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB jenjang TK, SD, dan SMP di Kota Solo bakal dimulai pada Senin (8/7/2024). Terdapat empat jalur PPDB yakni zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi.

Jalur zonasi diseleksi berdasarkan jarak koordinat rumah dengan sekolah. Jalur afirmasi diperuntukkan anak berkebutuhan khusus (ABK) dan keluarga miskin.

Advertisement

Jalur perpindahan orang tua untuk yang orang tuanya pindah tugas bekerja, sedangkan jalur prestasi diseleksi berdasarkan nilai dan piagam penghargaan.

Adapun PPDB berlangsung pada Senin yakni jalur zonasi, perpindahan orang tua, dan prestasi. Sedangkan jalur afirmasi sudah dilaksanakan pada 24 Juni 2024 lalu.

Advertisement

Adapun PPDB berlangsung pada Senin yakni jalur zonasi, perpindahan orang tua, dan prestasi. Sedangkan jalur afirmasi sudah dilaksanakan pada 24 Juni 2024 lalu.

Berdasarkan petunjuk teknis (juknis) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, PPDB jenjang Taman Kanak-kanak (TK) dilaksanakan melalui dua jalur, zonasi dengan kuota 95% dari daya tampung dan perpindahan tugas orang tua/wali dengan kuota 5%.

Lalu PPDB SD dilaksanakan melalui tiga jalur yakni jalur zonasi dengan kuota 70%, jalur afirmasi dengan kuota 25%, jalur perpindahan tugas orang tua/wali dengan 5%.

Advertisement

Adapun jadwal PPDB semua jenjang untuk jalur zonasi, perpindahan orang tua, dan prestasi dimulai pada 8-10 Juli 2024. Peserta secara mandiri diminta membuat akun di laman ppdb.surakarta.go.id.

Pada 9-12 Juli 2024, orang tua calon peserta didik melakukan verifikasi berkas secara offline di sekolah yang dituju atau yang terdekat. Lalu pada 10-12 Juli 2024 pendaftaran sekolah secara mandiri untuk tingkat SD dan SMP negeri.

Jadwal PPDB

Advertisement

Perlu diingat, pada 12 Juli 2024 pukul 11.30 WIB pendaftaran sudah ditutup. Sedangkan hasil seleksi akan diumumkan pada 16 Juli 2024. Sedangkan bagi calon peserta didik yang dinyatakan diterima di PPDB bisa melakukan daftar ulang pada 17-18 Juli 2024.

Kemudian pada 22 Juli 2024 hari pertama dimulainya tahun ajaran 2024/2025. Peserta didik baru diminta masuk ke sekolah dan menyerahkan berkas persyaratan PPDB terdiri dari fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi Akta Kelahiran.

Perlu dicatat, apabila hingga pendaftaran ditutup pukul 11.00 WIB hari terakhir ada calon peserta didik jalur zonasi yang tidak diterima pada semua pilihan, mereka dapat melakukan perubahan pilihan dua kali hingga ditutup pada pukul 17.00 WIB dan tidak menggeser pendaftar sebelumnya.

Advertisement

Sedangkan khusus calon peserta didik baru dari luar Kota Solo tetap akan diseleksi jika daya tampung SMP belum terpenuhi oleh calon peserta didik dalam kota.

Sekretaris Disdik Kota Solo, Abdul Haris, kepada Esposin, Minggu (7/7/2024), mengatakan terkai pelaksanaan PPDB bakal dibuka posko aduan di Kantor Disdik Solo. Dia mengatakan pada dasarnya setiap sekolah membuka layanan untuk membantu orang tua calon peserta didik (CPD).

Dia mengatakan orang tua CPD bisa bertanya dan meminta bantuan di posko sekolah masing-masing terkait tata cara mendaftar pada jalur zonasi maupun prestasi.

Posko aduan dibuka untuk mengantisipasi orang tua yang masih bingung. Haris mengatakan setiap tahun memang banyak orang tua yang kebingungan terkait pembuatan akun sampai proses pendaftaran sekolah.

Advertisement
Suharsih - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif