news
Langganan

Perdana, Presiden Jokowi Pimpin Sidang Paripurna di Istana Garuda IKN - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Newswire  - Espos.id News  -  Senin, 12 Agustus 2024 - 10:38 WIB

ESPOS.ID - Presiden Joko Widodo memimpin sidang paripurna perdana bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Esposin, PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin sidang paripurna perdana bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024) pagi.

Sebelum memulai sidang tersebut, acara diawali dengan membaca doa bersama yang dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Advertisement

Presiden Jokowi kemudian memberikan sambutan pembuka mengenai pertama kalinya sidang paripurna diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pada pagi hari ini kita bisa melakukan sidang paripurna yang istimewa karena dilaksanakan pertama kali di Ibu Kota Negara Nusantara," kata Presiden Jokowi di ruang sidang Istana Garuda, dilansir Antara.

Advertisement

"Pada pagi hari ini kita bisa melakukan sidang paripurna yang istimewa karena dilaksanakan pertama kali di Ibu Kota Negara Nusantara," kata Presiden Jokowi di ruang sidang Istana Garuda, dilansir Antara.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan bahwa IKN adalah sebuah kanvas yang mengukir masa depan.

Menurut Presiden, tidak semua orang, tidak semua negara memiliki kesempatan dan memiliki kemampuan untuk membangun ibu kotanya yang dimulai betul-betul dari nol.

Advertisement

Presiden juga menceritakan sejuk dan segarnya udara di IKN pada Senin pagi karena indeks kualitas udara yang rendah berada pada angka 6. Padahal, banyak ibu kota negara di dunia indeks kualitas udaranya berada di atas 50.

Presiden kembali menegaskan bahwa kepindahan ibu kota ke Nusantara ini bukan sekadar pindah fisik, tetapi pindah pola pikir, pindah pola kerja, dan pindah mobilitasnya.

"Karena mobilitas di Ibu Kota Nusantara semuanya memakai kendaraan yang kendaraan listrik dan juga energinya memakai energi hijau, bangunannya pun juga bangunan di sini semuanya diarahkan ke green building dan aksesibilitasnya juga diprioritaskan untuk pejalan kaki dan yang naik sepeda," kata Presiden.

Advertisement
Peletakan Batu Pertama

Presiden  dan Wapres Ma'ruf Amin seusai sidang kabinet dijadwalkan melakukan peletakan batu pertama proyek infrastruktur di Kawasan Inti Pemerintahan Pusat IKN,  mulai dari proyek investor hingga Istana Wakil Presiden.

"Ada groundreaking beberapa. Dari investor, termasuk juga Istana Wapres akan di-groundbreaking oleh Pak Wapres," kata Presiden, seusai meninjau embung di Kawasan Inti Pemerintahan Pusat (KIPP), Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin.

Advertisement

Acara peletakan batu pertama akan dilaksanakan setelah Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, beserta para menteri Kabinet Indonesia Maju mengadakan sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda.

Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kantor perbankan dan hotel dari perusahaan swasta, sedangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Istana Wapres.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan lokasi kawasan Istana Wapres berada di Sumbu Timur, KIPP IKN.

Sedangkan peletakan batu pertama untuk proyek investor tahap ketujuh di IKN akan diikuti empat investor swasta dalam negeri, yakni BCA, Swiss-Belhotel, Royal Golden Eagle, dan Intiland.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengungkapkan pemisahan Istana Presiden dan Wakil Presiden di IKN karena alasan keamanan.

Lokasi kawasan Istana Wakil Presiden di IKN berada di lokasi yang terpisah dengan kawasan Istana Presiden.

Kementerian PUPR telah berdiskusi dengan Kementerian Pertahanan bahwa Istana Presiden dan Wakil Presiden tidak bisa dijadikan satu sehingga memang harus dipisahkan.

Advertisement
Mariyana Ricky P.D - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : Upacara HUT RI IKN Hut Ri
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif