news
Langganan

Jelang Lebaran, Peralatan Bikin Kue Laris Manis - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Garth Antaqona Jibi Harian Jogja  - Espos.id News  -  Rabu, 8 Agustus 2012 - 11:14 WIB

ESPOS.ID - Peralatan untuk membuat kue banyak dijual di Pasar Beringharjo (JIBI/Harian Jogja/Garth Antaqona)

JOGJA—Penjualan peralatan dan bahan baku kue kering di Pasar Beringharjo laris menjelang Lebaran tahun ini.

Advertisement

Peningkatan penjualan melebihi rata-rata hari biasa dan diperkirakan akan terus naik sampai dua atau tiga hari menjelang Lebaran. Pemilik toko kebutuhan bahan kue Warna Kencana, Yani Agus Tini, mengatakan bahan baku kue yang sedang laris di cari pembeli yakni gula halus. Sebagian besar permintaan datang dari pembuat kue kering industri rumahan.

Dalam sehari di bulan puasa ini, Yani mengaku dapat menjual sampai 40 kilogram gula halus. Dalam waktu satu pekan ke depan dia memperkirakan permintaan gula halus bisa sampai satu kuintal. “Besarnya permintaan pasar membuat harga gula halus naik,” kata Yani, belum lama ini.

Harga gula halus naik dari Rp12.000 menjadi Rp14.000 per kilogram. Kenaikan ini, diakui Yani, terjadi sejak awal bulan puasa. “Ini kesempatan pedagang bahan kue untuk meraup untung banyak,” urai Yani.

Advertisement

Pemilik Toko Haji Parman yang menjual pernak pernik alat kebutuhan kue dan roti, Nur Parman,  mengatakan oven kompor menjadi salah satu peralatan pembuatan kue yang paling dicari oleh pembeli.

“Sebagian besar pembeli oven kompor adalah ibu-ibu yang berprofesi sebagai penjual roti kering musiman dalam skala industri rumahan,” kata Nur. Permintaan oven kompor meningkat sampai 50 % jika dibandingkan dengan hari biasa.

Advertisement
Advertisement
Harian Jogja - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif