news
Langganan

Empat Jenderal Polisi Ikut Seleksi Calon Pimpinan KPK, Ini Nama dan Jabatannya - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Anshary Madya Sukma  - Espos.id News  -  Selasa, 16 Juli 2024 - 19:57 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi bayang-bayang di gedung KPK. (Antara-Hafidz Mubarak A)

Esposin, JAKARTA – Empat jenderal polisi dikirim Mabes Polri untuk mengikuti seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, memerinci empat jenderal polisi yang mengikuti calon pimpinan KPK itu adalah Irjen di Kementerian Pertanian (Kementan) Komjen Setyo Budianto dan Komjen RZ Panca Putra sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional atau Lemhanas.

Advertisement

Kemudian dua jenderal Polri bintang dua adalah Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Joko Purwanto serta Deputi pada bidang Koordinasi dan Supervisi di KPK, Irjen Didi Agung Wijanarko.

Trunoyudo mengatakan keempat jenderal tersebut dinilai memenuhi persyaratan untuk maju menjadi calon pimpinan KPK. Menurutnya, keempat polisi ini merupakan personel terbaik Polri.

"Mabes Polri dalam hal ini berdasarkan pada pengumuman pendaftaran seleksi Capim dan Dewas KPK sekira pada tanggal 4 Juni 2024, maka Polri memberikan beberapa nama untuk dalam hal ini yang tentunya melalui seleksi dan memenuhi syarat," ujar Truno di Bareskrim Polri, Selasa (16/7/2024).

Advertisement

Berdasarkan catatan Bisnis (Solopos Media Group), Panitia seleksi (pansel) resmi mengumumkan sebanyak 525 orang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan dan dewan pengawas (dewas) KPK periode 2024–2029.

Perinciannya, terdapat 318 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan KPK. Dari jumlah tersebut, 318 orang itu meliputi 298 pendaftar capim laki-laki dan 20 pendaftar perempuan.

Sementara itu, 207 orang sisanya mendaftarkan diri sebagai calon dewas KPK dengan komposisi 184 pendaftar laki-laki dan 23 perempuan.

Advertisement

Tahapan selanjutnya, terang Arif, adalah verifikasi dokumen yang disertakan oleh 525 pendaftar itu. Nantinya, hasil verifikasi itu akan diumumkan pada 24 Juli 2024 melalui aplikasi maupun di laman resmi KPK serta Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Mabes Polri Utus 4 Jenderal Ikut Seleksi Capim KPK, Ini Daftarnya
Advertisement
Abdul Jalil - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif