news
Langganan

Diprotes, Cak Budi "Sumbangkan" Ponsel, Mobil, dan Berhenti Terima Donasi - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Muhammad Rizal Fikri Jibi Solopos.com  - Espos.id News  -  Selasa, 2 Mei 2017 - 14:30 WIB

ESPOS.ID - Cak Budi berjanji segera menjual aset yang diperoleh dari uang donasi. (Istimewa/Instagram/cakbudi_)

Cak Budi dikenal melalui akun Instagram @Cakbudi_ yang kerap mendokumentasikan gerakan sosial.

Esposin, SOLO – Akun Instagram @cakbudi_ dikenal luas sebagai akun yang kerap memberi bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Belum lama ini transparansi penyaluran dana bantuan yang diterima Cak Budi menjadi kontroversi dan ramai di media sosial. Diakui Cak Budi, ponsel Iphone 7 dan mobil Fortuner dibeli menggunakan uang donasi untuk kelancaran operasional aktivitas sosial.

Advertisement

Terkait kontroversi tersebut, Cak Budi memberikan klarifikasi  melalui akun @cakbudi_. Klarifikasi pertama diunggah Minggu (30/4/2017). Dalam konfirmasinya Cak Budi menegaskan semua dana baik yang dikirim ke rekening pribadi atau melalui laman kitabisa.com, merupakan tanggung jawab Cak Budi.

Saya Cak Budi, menyatakan bertanggung jawab atas berapa pun kontribusi / donasi yang diberikan masyarakat melalui rekening pribadi saya dan melalui donasi kitabisa.com , untuk kebutuhan sosial (membantu sesama). Bahwa relawan suisba peduli seluruh kota di indonesia, Tidak Memiliki Tanggung Jawab akan Donasi yang masuk ke rekening pribadi saya (Cak Budi / Istri Mba Lina),” tulis akun @cakbudi_.

Relawan Suisba peduli seluruh Indonesia tidak bertanggungjawab mengenai donasi karena mereka hanya perantara ke penerima bantuan serta relawan survei. “Relawan Suisba hanya sebagai perantara untuk memberikan donasi ke penerima hak (Orang yang dibantu) dan relawan survey GerCep (Gerak Cepat) sebelum di infokan ke sosial media dan dilakukan open donasi,” tambah akun @cakbudi_,

Advertisement

Satu hari setelahnya, Senin (1/5/2017), Cak Budi memberikan klarifikasi kedua berisi 10 poin mengenai transparansi penggalangan dana yang ia lakukan. Cak Budi bercerita detail mengenai teknis penggalangan dana dan besaran dana yang diterima hingga saat ini.

Cak Budi juga menjelaskan terkait ponsel Iphone 7 dan mobil Fortuner yang menjadi perdebatan di media sosial. Cak Budi mengakui dua barang mewah itu dibeli menggunakan uang donasi, namun ia juga menjelaskan dua barang mewah itu untuk memperlancar operasional saat memberi bantuan.

Terkait hp, betul bahwa Cak Budi menggunakan uang donasi untuk tukar tambah hp lama dengan iPhone 7 yang Cak Budi gunakan untuk mengambil foto & video dari para penerima hak dan lokasi yang dikunjungi (bukti terlampir). 9. Terkait mobil, betul bahwa Cak Budi menggunakan uang donasi untuk membeli mobil jenis Fortuner. Mobil ini dibutuhkan untuk menempuh jarak jauh dan menjangkau area2 pedalaman dan tidak Cak Budi gunakan untuk urusan pribadi. Saya dan istri memiliki mobil jenis Innova yang kami miliki sejak tahun 2004 untuk urusan pribadi,” tulis akun @cakbudi_.

Advertisement

Tak lama setelahnya, Cak Budi mengirim klarifikasi lanjutan berisi niatan untuk segera menjual aset yang diperoleh dari uang donasi, yakni satu unit Iphone 7 dan mobil Fortuner. Dana hasil penjualan tersebut dan dana yang masih belum tersalurkan akan segera disalurkan seluruhnya ke badan amal berskala nasional.

Kami akan MENJUAL SEGERA semua aset yang diperoleh dari uang donasi (1 unit iPhone 7 dan mobil Fortuner). 2. Dana hasil penjualan tersebut, beserta dana yang masih belum digunakan akan kami AMANAHKAN SELURUHNYA ke lembaga amal berskala nasional yang terpercaya seperti Dompet Dhuafa / Aksi Cepat Tanggap (sedang diputuskan),” tulis akun @cakbudi_.

Untuk selanjutnya, Cak Budi berniat terus melanjutkan kegiatan bakti sosial tanpa melakukan pengumpulan donasi dari masyarakat umum. “Mulai hari ini, Cak Budi akan melanjutkan kegiatan bakti sosial TANPA melakukan pengumpulan donasi dari publik,” tambah akun @cakbudi_.

Advertisement
Jafar Sodiq Assegaf - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif