news
Langganan

Dies Natalis ke-32, UIN RM Said Surakarta Deklarasi Dukung Sertifikasi Halal - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Dhima Wahyu Sejati  - Espos.id News  -  Minggu, 15 September 2024 - 09:47 WIB

ESPOS.ID - Civitas Academica UIN Raden Mas Said Surakarta deklarasi mendukung program sertifikasi halal di lapangan kampus setempat, Jumat (13/9/2024).

Esposin, SOLO — Civitas Academica UIN Raden Mas Said Surakarta deklarasi mendukung program sertifikasi halal di lapangan kampus setempat, Jumat (13/9/2024). Deklarasi yang dihadiri ribuan orang itu merupakan bagian dari serangkaian Dies Natalis ke-32 UIN RM Said.

Rektor UIN RM Said Surakarta, Toto Suharto mengatakan pihaknya selama telah turut serta dalam mengembangkan dan meningkatkan sertifikasi halal bagi pelaku usaha di lingkungan kampus dan Soloraya.

Advertisement

Sertifikat halal merupakan pengakuan kehalalan produk yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag).

“Fokus utamanya yakni Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar kampus dan Soloraya lainnya,” kata dia kepada Esposin, dalam keterangan tertulis dikutip Sabtu (14/9/2024).

Toto mengatakan sejalan dengan dukungan terhadap program pemerintah terkait dengan Sertifikasi Halal, ada beberapa upaya konkret yang sedang dilakukan. Salah satunya mendirikan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang menjadi rujukan awal bagi pelaku usaha dalam memperoleh sertifikat halal yang dikeluarkan oleh BPJPH.

Advertisement

“LPH UIN Surakarta juga menyiapkan sumber daya manusia khususnya Pendamping Proses Produk Halal melalui pelatihan yang diselenggarakan secara langsung oleh BPJPH maupun melalui LPH UIN Surakarta,” kata dia.

Selain itu, LPH UIN Surakarta terlibat aktif bekerjasama dengan berbagai pihak di berbagai kegiatan di wilayah Soloraya dan sekitarnya dalam menciptakan ekosistem halal seperti pengembangan zona kuliner halal, aman, dan sehat (KHAS).

Dia mengatakan LPH UIN Surakarta juga aktif melakukan pembinaan ke pelaku usaha UMKM yang ada di wilayah Soloraya.

Advertisement

“Dalam hal peningkatan kesadaran tentang kehalalan suatu produk hingga mendapatkan sertifikat halal untuk produk yang dihasilkan oleh para pengusaha tersebut,” kata dia.

Selain itu, Toto mengatakan pihaknya sedang dalam proses membangun Laboratorium Pemeriksaan Kehalalan produk yang sesuai dengan standar tinggi laboratorium yang dimiliki oleh LPH lainnya.

“Kami juga mendirikan Pusat Studi Halal yang diharapkan akan memberikan kontribusi dalam bidang keilmuan dan terapannya terkait program sertifikasi halal,” kata dia.

Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal, Dzikro mengatakan pentingnya peran serta perguruan tinggi dalam membangun ekosistem halal di Indonesia. Dia mengatakan melalui perguruan tinggi para auditor halal dan lainnya dilatih.


Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif