news
Langganan

Datascrip Creative Comic Competition Lahirkan Komikus Muda Berbakat - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Rima Sekarani I.n Jibi Harian Jogja  - Espos.id News  -  Sabtu, 27 Januari 2018 - 23:20 WIB

ESPOS.ID - Divisi Director PT Datascrip Mary T.Oetomo [berdiri keenam dari kanan], Division Manager PT Datascrip Jeremy Hermanto [berdiri paling kanan], dan Country Manager Indonesia Wacom Sinngapore Pte Ltd Bayu Eko Susetio [berdiri kedua dari kanan] berfoto bersama para juri dan pemenang Datascrip Creative Comic Competition di Jakarta, Kamis (25/1/2018) kemarin. (Foto istimewa/Dok.Datascrip)

PT Datascrip menyelenggarakan Datascrip Creative Comic Competition

Harianregional.com, JAKARTA-PT Datascrip menyelenggarakan Datascrip Creative Comic Competition pada 15 September hingga 30 November 2017 lalu. Daftar nama pemenang kemudian diumumkan pada Kamis (25/1/2018) kemarin.

Advertisement

Creative Marketing Datascrip Creative Tablet PT Datascrip, Rendy Burhan mengatakan ajang kompetisi komik berskala nasional tersebut mengangkat tema Aku Cinta Indonesia. Lomba dibagi dalam tiga kategori, yaitu pelajar SMP, pelajar SMA, dan mahasiswa.

Pihaknya pun menggandeng para ahli yang berkompeten bidangnya sebagai dewan juri, antara lain Komikus Is Yuniarto, Komikus Li Julian, Editor re:ON Comics Gita Juwita, dan perwakilan tim Datascrip Creative Tablet.

Advertisement

Pihaknya pun menggandeng para ahli yang berkompeten bidangnya sebagai dewan juri, antara lain Komikus Is Yuniarto, Komikus Li Julian, Editor re:ON Comics Gita Juwita, dan perwakilan tim Datascrip Creative Tablet.

Seleksi ketat dilakukan terhadap karya dari total 400 peserta dan menyisihkan 128 komik terpilih dari seluruh kategori. Dewan juri kemudian melakukan penilaian kembali untuk memilih tiga pemenang dari setiap kategori.

"Para peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia, di antaranya Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Jepara, Solo, Batam, Palembang, Pontianak, serta Makassar," kata Rendy.

Advertisement

Hadiahnya berupa satu unit Wacom Intuos Comic beserta sertifikat dan merchandise dari re:On Comics. Sedangkan juara ketiga adalah komik Aku?! karya Syifa Khairunnisa dan Lendiar Septatis.

Pada kategori SMA, juara pertama diraih Chelsea Victoria & Priscilla Sevia dengan judul komik "TARI (Tumbuhkan Api Rasa cinta Indonesia)". Mereka berhak atas satu unit Wacom Intuos Art Medium beserta sertifikat dan merchandise dari re:On Comics.

Juara kedua adalah Nadim Sulthan dengan komik berjudul Perjalanan dan mendapatkan hadiah berupa satu unit Wacom Intuos Comic Small beserta sertifikat dan merchandise dari re:On Comics.

Advertisement

Sedangkan juara ketiga adalah komik berjudul Dawai Merah karya Elsa Nurlatifa Putri yang mendapatkan satu unit Wacom Intuos Draw beserta sertifikat dan merchandise dari re:On Comics.

Selanjutnya pada kategori mahasiswa, juara pertama diraih Pelosok Merah Putih karya Ardy Setyawan. Hadiahnya adalah satu unit Wacom Intuos Pro Medium Paper beserta sertifikat dan merchandise dari re:On Comics.

Juara dua adalah Suara Laras karya Muhammad Alhaq dengan hadiah berupa satu unit Wacom Intuos Pro Small beserta sertifikat dan merchandise dari re:On Comics. Sedangkan juara ketiga adalah Abdul Manan Heru dengan judul komik KRI Otok-otok dan mendapatkan satu unit Wacom Intuos Comic beserta sertifikat dan merchandise dari re:On Comics.

Advertisement

Karya dari juara pertama pada setiap kategori akan dimuat di re:ON Comics. Karya dari juara kedua dan ketiga pun bakal dimuat di re:ON Comics online.

"Salut dengan karya-karya para peserta di setiap kategori. Kemampuan mereka mengeksplorasi tema dan membuat alur cerita yang menarik untuk komik patut diacungi jempol. Dengan sering berlatih dan konsisten berkarya tentunya bibit-bibit muda berbakat ini akan semakin terasah kemampuannya untuk menjadi komikus profesional,” ujar Rendy.

Sementara itu, Division Manager PT Datascrip, Jeremy Hermanto mengungkapkan kreativitas generasi muda Indonesia perlu didukung dengan ajang-ajang yang positif, seperti Datascrip Creative Comic Competition ini.

"Selamat kepada para pemenang, semoga terus menghasilkan karya-karya yang bagus dan menginspirasi anak-anak muda lainnya di tanah air untuk berkarya dan berprestasi," ucap Jeremy.

Advertisement
Nina Atmasari - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif