news
Langganan

Bengawan Team UNS Luncurkan Nirankara 2.0, Bisa Tempuh 766 Km/Liter - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Dhima Wahyu Sejati  - Espos.id News  -  Selasa, 28 Mei 2024 - 19:01 WIB

ESPOS.ID - Bengawan Team UNS Solo menciptakan prototipe kendaraan hemat energi Nirankara 2.0 yang merupakan kendaraan hemat energi beroda tiga penyempurna generasi sebelumnya, yaitu Nirankara 1.0. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Esposin, SOLO—Bengawan Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo 2024 mengenalkan prototipe kendaraan hemat energi, Nirankara 2.0 digelar di Halaman Gedung dr. Prakosa UNS, Selasa (28/5/2024).

Pada tahun ini Bengawan Team UNS akan berkompetisi dalam She'll Eco-Marathon World Championship 2024 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Juli mendatang dan Kontes Mobil Hemat Energi 2024 di Sirkuit Ancol akhir tahun ini.

Advertisement

Prototipe kendaraan hemat energi Nirankara 2.0 merupakan kendaraan hemat energi beroda tiga penyempurna generasi sebelumnya, yaitu Nirankara 1.0.

Pada model terbaru ini, tim berhasil mengurangi berat kendaraan hingga 15 kilogram. Jarak tempuh kendaraan juga mencapai 766 kilometer dengan bahan bakar satu liter.

“Mobil ini bernama, Nirankara 2.0. Mobil ini memiliki bobot yang lebih ringan daripada model sebelumnya. Sebelumnya Nirankara 1.0 memiliki berat 60 kilogram dan model terbaru kali ini hanya seberat 45 kilogram belum termasuk bobot driver,” jelas General Manager Bengawan Team UNS 2024, Adam Sulthoni Wibowo, Selasa (28/5/2024).

Advertisement

Adam menjelaskan sedang mempersiapkan mobil tersebut untuk berbagai event. Dia mengatakan persiapan sudah mencapai 80%.

“Semoga event di tahun ini mendapatkan skor yang lebih dari tahun sebelumnya dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” tambah Adam pada sesi wawancara dengan media.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Ahmad Yunus, mengatakan perlu mengapresiasi kemajuan inovasi dari Tim Bengawan UNS. Dia optimistis akan mendapatkan hasil maksimal dalam kompetisi di Sirkuit Mandalika nanti.

Advertisement

"Mudah-mudahan Tim Bengawan sukses di perlombaan Sirkuit Mandalika dan meraih penghargaan lagi," tutur Yunus pada akhir sambutannya.

 
Advertisement
Ahmad Mufid Aryono - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif