news
Langganan

Wow, Lobster Congot Tembus Rp600.000/kg - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Arif Wahyu Jibi Harian Jogja  - Espos.id News  -  Kamis, 7 Februari 2013 - 20:24 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

KULONPROGO—Jelang Imlek, harga lobster di Pantai Congot menembus harga Rp600.000 per kilogram setelah pekan lalu di kisaran Rp250.000-Rp300.000 per kilogram.

Advertisement

“Harga lobster karena banyak pedagang yang melakukan spekulasi. Pedagang membeli lobster dari tempat lelang sangat tinggi,” kata salah satu tengkulak udang mandiri Pantai Congot, Sriyanti, kepada wartawan, Kamis (7/2/2013).

Lobster kerap jadi bagian menu makanan dalam perayaan tahun baru China. Hal itu membuat pedagang berspekulasi menaikkan harga demi memenuhi tingginya permintaan dari konsumen. Pedagang tetap yakin lobster bakal laris meski harganya tinggi.

Ketua Kelompok Usaha Bersama Nelayan Bogowonto, Surjani, mengatakan tidak semua kapal yang melaut mendapatkan lobster. “Lobster biasanya hidup di karang. Kalau dapat hanya sedikit, paling banyak lima ekor,” ucapnya.

Advertisement

Untuk harga ikan, layur kualitas super Rp26.000 per kg dan layur kualitas dua Rp15.000 per kg sedangkan bawal putih kualitas super Rp200.000 per kg dan kualitas dua Rp160.000 per kg. “Otomatis harga ikan laut juga ikut naik,” ucap Surjani.

Advertisement
Advertisement
Esdras Ginting - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif