news
Langganan

TURN BACK HOAX : Perangi Hoaks, Seratusan Media Online Deklarasi Pembentukan AMSI - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Muhammad Rizal Fikri Jibi Solopos.com  - Espos.id News  -  Senin, 17 April 2017 - 15:30 WIB

ESPOS.ID - Pertemuan terkait deklarasi pembentukan AMSI. (Istimewa/AMSI)

AMSI adalah Asosiasi Media Siber Indonesia yang akan dideklarasikan, Selasa (18/4/2017).

Esposin, SOLO – Demi menciptakan berita online yang sesuai dengan UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber, sejumlah media online nasional membentuk Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Dibentuk oleh 26 pegiat media online nasional, AMSI akan dideklarasikan, Selasa (18/4/2017).

Advertisement

“Perkembangan teknologi informasi telah meningkat dan mengembangkan industri konten di Indonesia. Namun, sejalan dengan itu keran kebebasan informasi juga melahirkan konten-konten yang jauh dari nilai kejujuran. Atas dasar pemikiran itu, AMSI dibentuk oleh media digital yang punya concern terhadap konten yang akurat, berimbang, dan tidak berniat buruk,” terang Ketua Panitia Deklarasi AMSI, Ismoko Widyaja, seperti tertuang dalam rilis yang diterima Esposin, Senin (17/4/2017).

Ismoko juga menjelaskan pendeklarasian AMSI akan dilakukan di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat. “AMSI dibentuk oleh 26 media pendiri, sampai saat ini anggotanya sudah mencapai 144 media digital,” ungkap pria yang kesehariannya aktif sebagai Pemimpin Redaksi laman Dream.co.id itu.

Solopos Media Online Group yang terdiri dari Esposin, Harianregional.com, Madiunpos.com, dan Semarangpos.com, juga bakal turut menjadi anggota AMSI.

Advertisement

Pembentukan AMSI diharapkan juga bisa menjadi tempat diskusi baru yang bisa memperkuat relasi antarindustri media dan para pemegang kebijakan di dunia media online. “Juga untuk mendorong jurnalisme siber yang adaptif terhadap perkembangan teknologi,” tambah Ismoko.

Acara deklarasi akan dibuka dengan diskusi dengan tema Profesionalisme Media Siber di Tengah Belantara Hoax. Diskusi ini akan dihadiri lima pembicara, yaitu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara; Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo; Direktur Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Fadil Imran; Ketua Presidiun AMSI, Wenseslaus Manggut; Public Policy Twitter Indonesia, Agung Yudha. Mereka akan dimoderatori oleh Pemimpin Redaksi Tirto.id, Sapto Anggoro.

Setelah deklarasi Dewan Presidium AMSI akan menggelar Musyawarah Nasional untuk menentukan pengurus, AD/ART, serta program kerja AMSI. Setelah pengurus dan struktur organisasi selesai disusun, AMSI akan menjadi salah satu stakeholder Dewan Pers bersama organisasi media yang sudah ada sebelumnya.

Advertisement

Sampai sekarang AMSI masih membuka kesempatan bagi pegiat media-media online untuk mendaftar sebagai anggota. Syaratnya media yang didaftarkan harus sesuai dengan peraturan Dewan Pers tentang Standar Perusahaan Pers.

Advertisement
Jafar Sodiq Assegaf - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif