news
Langganan

Solopos Hari Ini : Tunggu Kepastian Single Salary - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Jumat, 15 September 2023 - 08:33 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Jumat (15/9/2023).

Esposin, JAKARTA--Rencana pemerintah menerapkan skema single salary untuk penggajian pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (15/9/2023). Skema yang diproyeksikan dimulai pada 2024 ini menghapus aneka bentuk tunjangan.

Diberitakan Solopos hari ini, skema ini sebenarnya sudah diwacanakan cukup lama, namun diungkit kembali oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa dalam rapat kerja bersama dengan Komisi XI DPR, Senin (11/9/2023).

Advertisement

Suharso menjelaskan skema single salary ini akan mempertimbangkan kinerja para PNS. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga daya beli PNS setelah memasuki masa pensiun. Suharso menyebut dengan sistem single salary PNS akan lebih terjamin dalam hal asuransi kese­hatan, kematian, dan hari tua.

Single salary atau gaji tunggal sebenarnya hanya istilah yang meru­pakan penggabungan dari gaji pokok dan tunjangan yang diterima PNS. Tunjangan dalam sistem ini bisa berupa tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan. Untuk tunjangan jabatan atau tunjangan fungsional akan diatur terpisah seperti saat ini.

Advertisement

Single salary atau gaji tunggal sebenarnya hanya istilah yang meru­pakan penggabungan dari gaji pokok dan tunjangan yang diterima PNS. Tunjangan dalam sistem ini bisa berupa tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan. Untuk tunjangan jabatan atau tunjangan fungsional akan diatur terpisah seperti saat ini.

Single salary adalah implementasi dari Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN). Dalam sistem single salary, penghasilan yang didapat masing-masing PNS bisa berbeda-beda tergantung grading yang ber­sangkutan. Grading merupakan peringkat nilai atau harga jabatan yang dinilai dari posisi, beban kerja, tanggung jawab, dan risiko pekerjaan.

Poltekpar Siapkan SDM Unggul Pariwisata

SRAGEN—Politeknik Pariwisata Solo Raya atau Politekpar Solo Raya akan menjadi pusat kepariwisataan terintegrasi terbesar di Jawa Tengah (Jateng). Politeknik tersebut akan mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang pariwisata.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, saat seremoni topping off atau pemasangan atap gedung kuliah Politeknik Pariwisata Solo Raya di Desa Kwangen, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen, Kamis (14/9/2023). Kampus tersebut berdiri di lahan seluas sekitar 20 hektare. Anggaran pembangunannya sekitar Rp1,3 triliun.

Advertisement

Lebih lanjut dia mengatakan Poltekpar Solo Raya akan dibangun dengan konsep green campus. Fokusnya adalah wisata heritage. Alasannya, kampus tersebut berada di wilayah Soloraya yang memiliki banyak destinasi wisata sejarah. ”Jadi ini nanti akan menjadi pusat keunggulan wisata sejarah,” lanjut dia.

Stok Jagung dan Kedelai Kosong

JAKARTA—Kosongnya stok jagung dan kedelai yang tersimpan di BUMN pangan disebut menjadi pemicu naiknya harga kedua komoditas tersebut di pasar rakyat. Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengakui stok cadangan jagung dan kedelai di BUMN pangan masih kosong. Kondisi ini menjadi pekerjaan rumah Bapanas dan Bulog.

“Jagung dan kedelai masih kosong. Saya punya PR dengan Ketua [Ketua Komisi IV DPR Sudin] bahwa jagung dan kedelai ini juga harus menjadi tugas Bulog di mana Bulog seharusnya sudah memiliki cadangan pangan,” kata Arief dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi IV dengan Kepala Bapanas di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Dalam paparannya terungkap stok jagung untuk cadangan pangan pemerintah di gudang Bulog 0% dari total kebutuhan 1.414.064 ton atau 1,41 juta ton per bulan. Sementara itu, stok kedelai di gudang Bulog hanya 5,58 ton atau 0% dari total kebutuhan 212.548 ton per bulan.

Kematian Melampaui 8.000 Orang

JAKARTA—Korban meninggal dunia dalam tragedi banjir bandang di Libya bagian timur melampaui 8.000 orang. Jumlah korban ini diperkirakan masih akan terus meningkat. Parlemen Libya menyatakan jumlah korban meninggal dunia lebih dari 8.000 orang. Lembaga itu juga menyebut jumlah orang yang dinyatakan hilang hingga Kamis (14/9/2023) sudah melebihi 10.000 orang.
Advertisement

“Jumlah korban tewas akibat bencana alam di timur laut Libya telah melampaui 8.000 orang, saat ini jumlah orang hilang telah melebihi 10.000,” bunyi pernyataan parlemen Libya yang dilansir TASS, Kamis.

Informasi sebelumnya menyebutkan 7.000 orang tewas dalam banjir besar tersebut. Kepala Kota Derna—kota pelabuhan yang mengalami kerusakan terparah tragedi ini—memperkirakan korban akan terus meningkat. Pemerintah kota memperkirakan jumlah korban yang menderita akibat hujan lebat dan banjir di wilayah tersebut akan meningkat menjadi 20.000 orang.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (15/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Advertisement

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : Solopos Hari Ini Gaji PNS
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif