news
Langganan

Solopos Hari Ini : Tiktok Arena Terpanas Andika Vs Luthfi

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Kamis, 3 Oktober 2024 - 08:03 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Kamis (3/10/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (3/10/2024), mengangkat headline tentang Tiktok menjadi media sosial terpanas untuk berebut meningkatkan interaksi (engagement) cagub-cawagub Jawa Tengah (Jateng). Ini terlihat dari jumlah mention dan interaksi di platform berbagi video itu.

Diberitakan Solopos hari ini, pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernu (Cagub-Cawagub) Ja­wa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi, terlihat cukup mendominasi percakapan atau penyebutan (mention) di media-media digital.

Advertisement

Hal ini terlihat dalam pantauan me­dia digital yang dilakukan Solopos Media Group terkait Cagub-Cawa­gub Jateng dalam Pilgub Jateng 2024. Pantauan ini dilakukan pa­da ren­tang masa 1-30 Septem­ber 2024 melalui pembacaan data kegiatan di media digital. Penarikan data kemudian di­lakukan pada 1 Oktober 2024.

Media yang dipantau Solopos adalah media online berupa kata kunci atau keyword atau kata yang paling banyak digunakan atau disebutkan atau yang pa­ling banyak dicari.

Advertisement

Media yang dipantau Solopos adalah media online berupa kata kunci atau keyword atau kata yang paling banyak digunakan atau disebutkan atau yang pa­ling banyak dicari.

Keyword juga digunakan untuk memantau aneka blog dan forum serta Facebook (fanpage). Kemudian pada media-media sosial yaitu Twitter, Instagram, TikTok, serta YouTube data yang dipantau adalah keyword dan hashtag alias tanda pagar yang merupakan penanda tema atau tren pembicaraan. Detail data pantauan ini bisa dilihat pada grafis yang menyertai tulisan ini.

Intensitas Perang di Timur Tengah Meningkat

Advertisement

Serangan rudal Iran ini makin memanaskan situasi yang sudah memburuk sejak Israel melancarkan agresi ke Lebanon dengan dalih memburu kelompok perlawanan Hizbullah, seraya terus melakukan serangan harian ke wilayah Palestina di Gaza dengan dalih membasmi kelompok Hamas.

Presiden Iran, Masoud Pe­zeshkian, mengatakan se­rangan rudal terhadap Israel didasarkan pada ”hak pembelaan diri yang sah” negara tersebut, seraya menekankan bahwa Iran memberikan ”tanggapan tegas” terhadap ”agresi” Israel. Dalam pernyataan yang diunggah di X pada Selasa, Pezeshkian me­nyatakan bahwa tindakan itu dilakukan ”untuk melindungi kepentingan dan warga negara Iran.”

Nasib Satgas Tergantung Pemerintah Baru

Advertisement

CIKARANG—Masa kerja Satgas Pemberantasan Impor Ilegal berakhir Desember 2024. Nasib satgas yang dibentuk pada Juli 2024 lalu itu selanjutnya bergantung sepenuhnya pada pemerintah baru, apakah diteruskan atau benar-benar berakhir.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yang mengatakan satgas pengawasan terhadap barang tertentu yang diberlakukan tata niaga impor atau Satgas Pemberantasan Impor Ilegal akan mengakhiri masa kerjanya pada Desember 2024.”Ya nanti terserah pemerintah baru,” ujar Zulkifli Hasan di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (26/9/2024).

Kehadiran Satgas Pemberantasan Impor Ilegal cukup efektif dalam memberantas produk-produk asal luar negeri yang tidak sesuai ketentuan. Namun demikian, Zulhas sapaan akrabnya, mengatakan Satgas Pemberantasan Impor Ilegal bukanlah cara untuk menyelesaikan masalah gempuran barang-barang impor.

Advertisement

Sifat Tokoh Wayang Tidak Mutlak Baik atau Buruk

JAKARTA–Tidak ada dikotomi baik dan buruk secara mutlak dalam moralitas tokoh-tokoh kisah pewayangan berdasarkan hasil penelitian Mikka Wildha Nurrochsyam, seorang peneliti dari Pusat Riset Masyarakat dan Budaya (PRMB) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dengan memberi contoh kisah Kresna Duta, Mikka menjelaskan tidak ada tokoh yang memiliki moral baik dan buruk secara mutlak. Masing-masing tokoh protagonis juga memiliki sifat-sifat buruk dan begitu pun sebaliknya.

“Kita lihat bahwa ada ciri dari moralitas tokoh wayang, yaitu tidak ada dikotomi baik dan buruk. Masing-masing tokoh tidak mempunyai sifat-sifat baik saja, tapi juga mempunyai sifat-sifat buruk,” kata dia dalam sebuah diskusi daring di Jakarta pada Senin (30/9/2024).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (2/10/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Espos.id yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Espos.id tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif