news
Langganan

Solopos Hari Ini : Terima Kasih Mas Wali - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Rabu, 17 Juli 2024 - 07:40 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Rabu (17/7/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (17/7/2024), mengangkat headline tentang Gibran Rakabuming Raka resmi mengundurkan diri dari kursi Wali Kota Solo, Selasa (16/7/2024). Selama 41 bulan memimpin Solo, Gibran melakukan banyak perubahan.

Diberitakan Solopos hari ini, ada 17 program prioritas pembangunan yang dilakukan Gibran selama 2023 dan 26 program pada 2024. Sejumlah pihak menilai prioritas pembangunan tersebut mampu mengubah wajah Kota Solo.

Advertisement

Terkait pengunduran dirinya, Gibran mengatakan harus melakukan tugas lain sebelum dilantik sebagai wakil presiden pada Oktober 2024. Gibran tiba di Kantor DPRD Solo pada pukul 14.45 WIB didampingi Teguh Prakosa dan Sekda Budi Murtono, untuk menyampaikan surat pengunduran diri. Mereka diterima empat pimpinan DPRD Solo yang dipimpin Budi Prasetyo.

Dia menyebut langkah melepas jabatan wali kota Solo sudah dimintakan izin kepada sejumlah pihak. Salah satunya adalah calon presiden terpilih 2024–2029, Prabowo Subianto. “Tentunya saya sudah berpamitan kepada Pak Pj. Gubernur [Nana Sudjana], sudah izin Pak Presiden terpilih,” kata dia, Selasa.

Advertisement

Dia menyebut langkah melepas jabatan wali kota Solo sudah dimintakan izin kepada sejumlah pihak. Salah satunya adalah calon presiden terpilih 2024–2029, Prabowo Subianto. “Tentunya saya sudah berpamitan kepada Pak Pj. Gubernur [Nana Sudjana], sudah izin Pak Presiden terpilih,” kata dia, Selasa.

Gibran juga menyebut sudah menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. “Saya juga sudah menghadap Pak Mendagri. Intinya semua sudah dijalankan sesuai prosedur,” ujarnya. Ihwal alasannya mengundurkan diri sekarang, Gibran mengaku karena harus bersiap untuk pelantikan sebagai Wapres 2024-2029. Keputusan mundur itu, kata dia, karena pertimbangan sendiri.

Warisan Gibran untuk Kota Bengawan

Sejak dilantik sebagai Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021, Gibran Rakabuming Raka mencanangkan puluhan proyek pembangunan infrastruktur di Kota Bengawan. Hanya dalam tiga tahun, Gibran menggenjot pembangunan sedikitnya di 42 kawasan. Awalnya, pembangunan fisik yang diprioritaskan Pemerintah Kota Solo di bawah Gibran sebanyak 17 proyek.

Program nomor 1 prioritas pembangunan Kota Solo adalah Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari. Nomor 2 sampai 17 secara ber­urutan adalah penataan Ko­ridor Gatot Subroto-Ngarsapura, revitalisasi Taman Balekambang, pembangunan Museum of Culture and Technology, pembangunan Islamic Center, pembangunan Sentra IKM Mebel Gilingan, revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug (Solo Safari), dan pembangunan PLTSA Putri Cempo.

Advertisement

Digitalisasi layanan izin event bertujuan mempercepat dan mempermudah pengurusan izin acara di Tanah Air. Sistem berbasis teknologi ini diharapkan dapat memotong birokrasi dan mengurangi biaya. Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjukkan, industri MICE tumbuh sebesar 12%-15% pada kuartal III-2023.

Sementara itu, pada 2024 diprediksi meningkat hingga 20%. Sepanjang 2023, sebanyak 23.000 paket kunjungan terbanyak berada di dua kota, yakni Jakarta dan Bali. Paket kunjungan tersebut terdiri atas event conference, festival, serta konser musik artis internasional. Proses penyelenggaraan event di Tanah Air harus semakin responsif untuk menyambut animo yang terus meningkat, salah satunya melalui digitalisasi perizinan penyelenggaraan event atau acara.

Buku Anak Berbasis Naskah Kuno Segera Terbit

DEMAK—Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) akan menerbitkan 200 buku berbentuk komik dan cerita anak-anak berbasis naskah kuno maupun cerita rakyat. Perpusnas juga melakukan percepatan alih aksara dan bahasa naskah kuno dari berbagai daerah. Demikian disampaikan Deputi Bidang Pengembang Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar, Jumat (12/7/2024).

“Ketika naskah kuno dari berbagai daerah dikirimkan ke Perpusnas, tentunya kami juga akan meresponsnya dengan melakukan percepatan alih aksara maupun bahasa,” ujarnya di Demak, Jumat.

Advertisement

Perpusnas menunggu pengusulan pertama naskah kuno dari pemerintah daerah yang hendak dialih aksara dan bahasa agar bisa dinikmati generasi muda. Perpustakaan Nasional memiliki fungsi melestarikan manuskrip karena nantinya manuskrip itu menjadi ingatan kolektif nasional. “Upaya ini akan terus diperkuat karena seluruh naskah manuskrip itu sebagai hasil karya literasi budaya kita untuk dilestarikan dan dialihbahasakan,” ujar dia.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (17/7/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif