news
Langganan

Solopos Hari Ini : Teguh Prakosa segera Pimpin Solo - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Senin, 15 Juli 2024 - 08:14 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Senin (15/7/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (15/7/2024), mengangkat headline tentang di saat bursa calon wali kota Solo 2024–2029 mengerucut ke Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dan K.G.P.A.A. Mangkunagoro (MN) X, beredar kabar Gibran Rakabuming Raka akan mengundurkan diri dari jabatan Wali Kota Solo pada bulan ini.

Diberitakan Solopos hari ini, rencana mundur itu disebabkan Gibran hendak fokus men­jalani persiapan sebelum dilantik sebagai wakil presiden pada Oktober 2024. Dengan demikian, tugas wali kota akan dijalan­kan oleh Teguh Prakosa—yang juga berpeluang maju seba­gai calon wali kota Solo 2024-2029.

Advertisement

Sekretaris DPRD Solo, Kinkin Sultanul Hakim, saat diwawancara Esposin, Minggu (14/7/2024), tidak menampik kabar itu. Menurut dia, sudah ada rapat yang membahas persiapan pe­ngunduran diri Gibran. “Jadi rencananya waktu rapat di Setda [Sekretariat Daerah], Pak Wali Kota akan mundur sebelum pelantikan anggota baru DPRD Solo. Tetapi untuk tanggalnya belum pasti kapan, sehingga kami harus bersiap-siap,” ujar dia.

Menurut Kinkin, hingga saat ini Sekretariat DPRD Solo belum menerima surat pengunduran diri Gibran sebagai wali kota Solo. Karena itu, pihaknya belum mengambil langkah-langkah terkait mekanisme pengun­duran diri itu. “Kalau sudah ada surat dari wa­li kota bisa kami agendakan. Itu nanti tahapannya rapat pimpinan lalu Banmus. Kan mengubah jadwal yang sudah ada berarti. Banmus harus menjadwalkan paripurna,” terang dia.

Advertisement

Menurut Kinkin, hingga saat ini Sekretariat DPRD Solo belum menerima surat pengunduran diri Gibran sebagai wali kota Solo. Karena itu, pihaknya belum mengambil langkah-langkah terkait mekanisme pengun­duran diri itu. “Kalau sudah ada surat dari wa­li kota bisa kami agendakan. Itu nanti tahapannya rapat pimpinan lalu Banmus. Kan mengubah jadwal yang sudah ada berarti. Banmus harus menjadwalkan paripurna,” terang dia.

Dalam rapat paripurna DPRD Solo, kata Kinkin, Gibran akan menyampaikan pengunduran dirinya. Berdasarkan perkiraan Sekretariat DPRD Solo, rapat paripurna tersebut akan digelar pada 22-23 Juli 2024. “Direncanakan sekitar tanggal 22-23 Juli 2024 setelah pelantikan pejabat-pejabat Pemkot Solo. Jadi nanti mekanismenya ada rapat paripurna DPRD Solo dengan agenda pengunduran diri wali kota,” kata dia.

Riwayat Pandawa Water World Berakhir

SUKOHARJO—Objek wisata air Pandawa Water World yang berlokasi di Jl. Cemara Raya, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, bakal tutup permanen mulai Selasa (16/7/2024). Wisata air bertema Mahabarata itu disita oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus korupsi PT Asuransi Ji­wasraya pada 2023.

Penutupan Pandawa Water World diumumkan melalui akun Instagram Pandawa Water World. Menurut informasi tersebut, Pandawa Water World kali terakhir melayani pengunjung pada Senin (15/7/2024) atau hari ini. Pada Senin, Pandawa Water World masih beroperasi pada pu­kul 11.00 WIB–18.00 WIB. Pada Ming­gu (14/7/2024), Pandawa Wa­ter World beroperasi pukul 10.00 WIB–18.00 WIB seperti jam operasi akhir pekan.

Advertisement

Saat ini, pemerintah mencatat ada 241 industri daur ulang dengan nilai investasi Rp20 trilliun, kemampuan produksi 2,54 juta ton per tahun, dan kemampuan menyerap tenaga kerja hingga 3,3 juta orang. Salah satu contoh adalah Mayora Group yang menginvestasikan Rp183 miliar untuk pabrik daur ulang recycled PET plastic (RPET) dengan kualitas yang memenuhi standar keamanan pangan (food grade).

Kapasitas produksinya sebanyak 22.000 ton per tahun dan menyerap tenaga kerja lokal lebih dari 150 orang hingga didukung teknologi paling modern. Mengutip Indonesia.go.id yang diakses Minggu (14/7/2024), saat ini ekosistem industri daur ulang sudah terbentuk. Pabrik daur ulang besar dengan teknologi modern semakin menunjang ekonomi sirkular serta dapat meningkatkan tingkat pengumpulan sampah plastik di Indonesia.

Rp1 Triliun untuk Membangun Rumah Rakyat

SOLO – Badan Usaha Milik Negara Perusahaan Umum (Perum) Perumnas mengajukan kebutuhan suntikan penyertaan modal negara atau PMN tunai pada 2025 senilai Rp1 triliun. Siaran pers Perum Perumnas yang diterima Espos akhir pekan lalu menjelaskan dana PMN tersebut akan digunakan melanjutkan dan menyelesaikan beberapa proyek perumahan rakyat.

Proyek-proyek perumahan rakyat itu tersebar di beberapa daerah, terutama area-area yang terdapat backlog atau kekurangan perumahan. Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro, menjelaskan suntikan dana PMN tunai diperlukan BUMN ini guna menjalankan penugasan dari pemerintah.

Advertisement

Penugasan itu adalah sebagai satu-satunya BUMN pengembang untuk membangun dan menyediakan kawasan perumahan, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), serta berperan strategis mengurangi backlog perumahan nasional. Perumnas juga mengemban misi sosial sebagai penyedia rumah terjangkau, yaitu minimal 20% dari unit di setiap proyek dialokasikan khusus untuk rumah bersubsidi.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (15/7/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Advertisement

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.
Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif