news
Langganan

Solopos Hari Ini : Sikap PDIP Tunggu Setahun Lagi - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Senin, 27 Mei 2024 - 10:05 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Senin (27/5/2024).

Esposin, JAKARTA--Ulasan tentang kejelasan sikap politik PDIP terhadap pemerintahan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum diputuskan dalam rapat kerja nasional partai tersebut yang berakhir pada Minggu (26/5/2024) diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (27/5/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa posisi politik PDIP terhadap pemerintahan selalu diputuskan di da­lam kongres partai.

Advertisement

“Posisi politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan yang akan datang merupakan sebuah hal yang ber­sifat strategis; dan selama ini selalu dipu­tuskan di dalam kongres partai,” ucap Megawati saat menyampaikan pi­dato penutupan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.

Kendati begitu, Megawati menyebut rakyat sebetulnya sudah memahami ka­rakter PDIP sebagai pejuang demo­krasi. Ka­rakter pejuang itu, tutur dia, ditandai oleh simbol Rakernas PDIP kali ini, yakni api perjuangan yang selalu menyala nan tak kunjung padam. “Kuncinya benar-benar terletak pada kesatupaduan dengan rakyat, bonding [kesatuan], bonding, bon­ding. Rakyat tentu akan menanti untuk bisa mendapatkan pencerahan.”

Advertisement

Kendati begitu, Megawati menyebut rakyat sebetulnya sudah memahami ka­rakter PDIP sebagai pejuang demo­krasi. Ka­rakter pejuang itu, tutur dia, ditandai oleh simbol Rakernas PDIP kali ini, yakni api perjuangan yang selalu menyala nan tak kunjung padam. “Kuncinya benar-benar terletak pada kesatupaduan dengan rakyat, bonding [kesatuan], bonding, bon­ding. Rakyat tentu akan menanti untuk bisa mendapatkan pencerahan.”

”Persoalannya apakah ke depan ini akan cerah atau mendung?” ucap Megawati. Lebih lanjut, dalam pidatonya Me­gawati juga mengatakan bah­wa dengan karakter dan sejarah PDIP, maka sikap politik partai berlambang banteng moncong pu­tih itu didasarkan pada pemikiran yang akan membawa bangsa Indone­sia menjadi lebih baik, ber­daulat, dan berdiri di atas ka­ki sendiri.

Ayo Memilih Bersama Si Jade

Salah satu ikon Kota Solo ada­lah tugu jam di persim­pangan jalan di depan Pa­sar Gede. Lantaran kekhasan­nya, jam ini pula yang lantas dijadi­kan maskot untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo 2024. Peresmian maskot ini dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo di area tu­gu jam Pasar Gede Solo, Sabtu (25/5/2024) malam.

Maskot itu bernama Si Jade yang merupakan akronim dari jam Pasar Gede. Dalam tampilannya maskot itu membawa paku dan kertas suara sebagai representasi dari pelaksanaan pemilihan umum. Ketua KPU Kota Solo Bambang Christanto mengatakan alasan dipilihnya tugu jam Pasar Gede menjadi maskot lantaran termasuk simbol yang khas dari Kota Solo.

Advertisement

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyampaikan tetap kuatnya konsumsi rumah tangga tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen yang menguat pada April 2024, yaitu menjadi sebesar 127,7. Di sisi lain, kinerja penjualan eceran berdasarkan survei Bank Indonesia (BI) terindikasi melambat pada April 2024.

Kinerja penjualan eceran pada periode tersebut diperkirakan hanya tumbuh 0,1% secara tahunan, melambat dibandingkan pertumbuhan pada Maret 2024 yang sebesar 9,3% secara tahunan. Menurut Josua, perlambatan kinerja penjualan eceran tersebut dipengaruhi periode libur Lebaran di mana aktivitas operasional beberapa sektor cenderung terbatas.

Dari Kabupaten untuk Taman Sari Dunia

Himpunan Perupa Sragen atau Himpas berbasis dan berjangkar di Kampung Mojo Wetan, Kelurahan Sragen Kulon, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. Aktivitas berkesenian mereka tak melulu urusan Sragen dan kesragenan.

Mereka punya harapan besar—bahkan ambisi—menyumbang pemajuan seni rupa Indonesia, bahkan seni rupa dunia, lewat kabupaten, lewat wilayah geografis yang dalam peta seni rupa Indonesia acapkali dipandang sebelah mata.

Advertisement

Itulah motivasi mengemas pameran seni rupa bertema Empowering the Diversity di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) di Kota Solo pada 24-30 Mei 2024 dengan label ”pameran seni rupa internasional”.

Subjek pameran memang Himpas, para perupa asal dan yang berbasis di Kabupaten Sragen, namun materi dan peserta pameran justru tak semata-mata tentang dan dari Kabupaten Sragen. Urusan Kabupaten Sragen justru sangat minim dalam pameran ini.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (27/5/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Advertisement

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif