news
Langganan

Solopos Hari Ini : Presiden Minta Jaga Stabilitas saat Transisi - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Sabtu, 14 September 2024 - 10:00 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Sabtu (14/9/2024).

SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (14/9/2024), mengangkat headline tentangSidang paripurna Kabinet Indonesia Maju yang merupakan kabinet era periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin digelar untuk kali kedua sekaligus terakhir di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Diberitakan Solopos hari ini, sejumlah pesan pun disampaikan Pre­siden Jokowi kepada jajaran ka­binetnya, baik para menteri maupun kepala lembaga. Salah satunya adalah di­rinya meminta agar kabinet menjaga stabilitas negara.

Advertisement

”Kita butuh stabilitas untuk tetap tumbuh, kita butuh untuk melakukan pem­bangunan, sehingga pastikan jangan sampai ada riak-riak gejolak sampai pemerintahan berikutnya terbentuk,” kata Presiden Jokowi di Istana Garuda IKN, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024).

Presiden Jokowi meminta ja­minan stabilitas ekonomi untuk melakukan pembangunan sampai pe­merintahan berikutnya terbentuk. Presiden menekankan kepada para menteri dan kepala lemba­ga untuk bisa menjaga daya beli masyarakat, tingkat inflasi hingga pertumbuhan ekonomi.

Advertisement

Presiden Jokowi meminta ja­minan stabilitas ekonomi untuk melakukan pembangunan sampai pe­merintahan berikutnya terbentuk. Presiden menekankan kepada para menteri dan kepala lemba­ga untuk bisa menjaga daya beli masyarakat, tingkat inflasi hingga pertumbuhan ekonomi.

Selain stabilitas ekonomi, Presiden juga meminta untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta tidak mengeluarkan kebijakan yang ekstrem berkaitan dengan hajat orang banyak dan tidak merugikan masyarakat.

Calon Tunggal Memicu Kekecewaan

Advertisement

Hal ini antara lain dilakukan para relawan dan pendukung pasangan calon bupati-calon wakil bupati (ca­bup-cawabup) jalur perseorangan atau independen di Sukoharjo, Tuntas Su­bagyo-Djayendra De­wa. Mereka mendeklarasikan mendu­kung kotak kosong dalam kontestasi Pilka­da Sukoharjo 2024. Mereka menyiap­kan strategi kampanye dengan musik untuk menyasar generasi muda.

Rencana ini dibahas relawan dan pendukung Tuntas-Djayendra dalam musyawarah rakyat di Taman Ratu Maulidya, Desa Purbayan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Kamis (12/9/2024) malam. Acara itu dihadiri seratusan re­lawan dan pendukung yang me­wakili 12 kecamatan se-Sukoharjo.

2025, Kemenhub Setop Subsidi BST

Advertisement

SOLO-Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menyetop subsidi skema buy the service pada 2025. Pemkot Solo berupaya memohon supaya subsidi dilanjutkan.

Sebagai informasi, Kemenhub menghadirkan program buy the service dengan nama Teman Bus sejak 2020. Teman Bus kini hadir di 10 Kota, yakni Pelembang, Medan, Denpasar, Solo, Jogja, Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Bandung, dan Surabaya.

Di Solo, layanan Teman Bus meliputi Batik Solo Trans (BST) dan feeder BST. BST melayani enam koridor. Feeder BST melayani enam koridor. Tarif BST maupun feeder di Solo Rp3.700. Khusus penumpang pelajar, mahasiswa, dan orang lanjut usia Rp2.000. Tarif khusus tersebut hanya berlaku bagi penumpang yang telah melakukan aktivasi e-money khusus.

Advertisement

Tantangan Peningkatan Penuaan Populasi

Indonesia berhasil menekan angka kematian dan mem­perpanjang usia harapan hidup, dengan 11,75% dari populasi saat ini berusia lanjut dan jumlah ini diproyeksikan akan meningkat lebih dari 20% pada 2045.

Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas, Maliki, menjelaskan pemerintah Indonesia telah mengadopsi Strategi Nasional Lanjut Usia (SNLU) melalui Peraturan Presiden No. 88 Tahun 2021, yang bertujuan menciptakan kehidupan yang mandiri, sejahtera, dan bermartabat bagi setiap orang.

Sementara itu, Bappenas telah menyelesaikan draf rencana pembangunan jangka panjang 2025, yang mencakup berbagai isu penting seperti perlindungan dan kesejahteraan rakyat. ”Kita harus melihat penuaan sebagai proses sepanjang kehidupan dengan pendekatan lintas sektor,” kata Maliki dalam keterangan di Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (14/9/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif