news
Langganan

Solopos Hari Ini : Penghargaan Atas Persatuan - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Rabu, 4 September 2024 - 08:01 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Rabu (4/9/2024),

Esposin, JAKARTA--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (4/9/2024), mengangkat headline tentang lawatan pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus, ke Indonesia, pekan ini, membawa tema Faith, Fraternity, Compassion, atau Iman, Persaudaraan, Bela Rasa.

Diberitakan Solopos hari ini, tema ini terasa pas dengan semangat persatuan dan kesatuan yang merekatkan masyarakat Indonesia yang sangat majemuk. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pun mengatakan bahwa masya­rakat Indonesia harus dapat me­nunjukkan persatuan dan kesatuan, sikap saling memahami, dan saling pengertian.

Advertisement

"Kami berharap beliau menyaksikan bagaimana keberagaman di Indonesia itu bisa terpelihara dengan baik," ujar Yaqut saat menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (3/9/2024).

Saat tiba, Paus pertama dari benua Amerika dan belahan Bumi selatan ini kemudian mendapat rangkaian tanaman, sayur, buah dan rempah khas Indonesia yang menjadi simbol berbeda-beda tetapi tetap satu atau Bhinneka Tunggal Ika.

Advertisement

Saat tiba, Paus pertama dari benua Amerika dan belahan Bumi selatan ini kemudian mendapat rangkaian tanaman, sayur, buah dan rempah khas Indonesia yang menjadi simbol berbeda-beda tetapi tetap satu atau Bhinneka Tunggal Ika.

Yaqut menyampaikan pesan dari Paus Fransiskus tentang pentingnya menjaga dialog antariman. Karena dialog antariman itu menjadi kunci bagi toleransi dan perdamaian dunia. Yaqut lantas menunjukkan salah satu agenda penting lawatan Paus yaitu acara Interfaith Dialogue atau dialog antariman di Masjid Istiqlal, Jakarta, yang menghadirkan tokoh-tokoh dari berbagai agama.

Masyarakat Anggap Wajar Politik Uang

BOYOLALI—Praktik politik uang masih terus marak terjadi dalam proses pemilihan umum termasuk pemilihan kepala daerah (pilkada). Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat masih permisif atau menganggap wajar praktik pemberian uang atau bentuk imbalan lainnya yang bertujuan mendorong agar orang memilih sosok tertentu dalam pemilu.

Hal ini pun menjadi tantangan bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menekan persentase toleransi terhadap praktik politik uang. Direktur Riset MC Matrix, Dian Permata, saat ditemui di sela-sela acara peluncuran Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) Pilkada Boyolali, Senin (2/9/2024), menyebut Bawaslu harus menekan angka permisif rata-rata nasional yang masih di atas 60%.

Advertisement

Sejumlah produk MBDK ditargetkan menjadi objek dikenai cukai. Hal itu disampaikan Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Kemenkeu Nirwala Dwi Heryanto, Senin (26/8/2024).

Dia menjelaskan pasal 4 ayat (2) Undang-undang No. 7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) menyatakan penambahan barang kena cukai bisa diatur dalam Rancangan APBN (RAPBN).

Petenis Indonesia Cetak Sejarah di US Open

SOLO – Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi membuat langkah besar bersejarah di Grand Slam US Open 2024. Berpasangan dengan petenis putra India, Rohan Bopanna, Aldila lolos ke babak semifinal.

Lawan Aldila/Bopanna di semifinal US Open 2024 adalah ganda campuran tuan rumah AS, Taylor Townsend/Donald Young. Townsend saat ini berusia 28 tahun dan telah mengemas tujuh gelar juara nomor ganda serta mencatatkan peringkat tertingginya di posisi kelima.

Advertisement

Sedangkan Young adalah petenis berusia 38 tahun yang pernang mencapai peringkat ke-38 dunia untuk tunggal dan ke-43 untuk ganda (dicetak pada 14 Agustus 2017 silam). US Open 2024 berlangsung pada 28 Agustus hingga 8 September 2024 dengan memperebutkan total hadiah senilai US$75.000 atau setara dengan Rp1,67 triliun.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (4/9/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif