news
Langganan

Solopos Hari Ini : Koalisi Minus PDIP Usung MN X - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Senin, 29 Juli 2024 - 09:30 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Senin (29/7/2024).

Esposin, SOLO--Harian umum Solopos edisi hari ini, Senin (29/7/2024), mengangkat headline tentang dinamika politik terkait pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kota Solo terus bergerak. Kali ini pemimpin Praja Mangkunegaran, K.G.P.A.A. Mangkunagoro (MN) X bertemu dengan pimpinan dan tokoh enam partai politik (parpol), Minggu (28/7/2024) malam.

Diberitakan Solopos hari ini, pertemuan berlangsung di Wedangan Mantap di belakang Kompleks Balai Kota Solo. Pimpinan enam parpol yang hadir adalah Ketua DPW PSI Jateng Antonius Yogo Prabowo; Ketua DPD PSI Solo Tri Mardiyanto; Ketua DPC Partai Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno: dan Ketua DPD PAN Solo Achmad Sapari.

Advertisement

Tampak pula Ketua DPD Partai Golkar Solo Sekar Tandjung; Ketua DPC PKB Solo Moch. Chamim Irfani, dan Ketua Bapilu DPD PKS Solo Didik Hermawan. Hadir juga politikus senior PKS yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Solo Sugeng Riyanto. MN X hadir sekitar pukul 20.15 WIB dan langsung menyalami semua pimpinan parpol yang datang.

Seperti biasa, dia menebar senyum ramah kepada pimpinan dan pengurus parpol yang datang. Belum diketahui pasti isi pertemuan mereka malam ini membahas tentang apa, setidaknya hingga berita ini naik cetak semalam. Namun, pertemuan ini diduga terkait keinginan partai-partai untuk mengusung MN X sebagai cawali Solo dalam Pilkada 2024.

Advertisement

Seperti biasa, dia menebar senyum ramah kepada pimpinan dan pengurus parpol yang datang. Belum diketahui pasti isi pertemuan mereka malam ini membahas tentang apa, setidaknya hingga berita ini naik cetak semalam. Namun, pertemuan ini diduga terkait keinginan partai-partai untuk mengusung MN X sebagai cawali Solo dalam Pilkada 2024.

Sebelumnya, para pemimpin dan tokoh dari enam partai juga bertemu di Solo Kopi, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (27/7/2024). Keenam partai itu adalah Golkar, Gerindra, PSI, PKB, PAN, dan PKS. Sekretaris DPD Partai Golkar Solo Taufiqurrohman ketika ditemui awak media selepas pertemuan mengatakan acara kali ini merupakan undangan dari PSI untuk silaturahmi ber­sama Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, yang hadir.

Karnaval Lurik Membangun Rasa Percaya Diri

KLATEN—Klaten Lurik Car­nival (KLC) kembali dige­lar bersamaan dengan per­­ingatan Hari Jadi ke-220 Kla­ten, Minggu (28/7/2024). Sebanyak 32 kontingen mengikuti rang­kaian karnaval untuk mempromosikan kain tenun lurik khas Klaten tersebut.

KLC yang berlangsung di sepanjang Jl. Veteran dan Jl. Pe­muda itu dibuka dengan pelepasan burung dan dilanjutkan penampilan 395 anak-anak yang membawakan Tari Samirasantika. Para penari serempak membawakan tari dengan aksesoris kipas kain lurik warna-warni. Selanjutnya ada penampilan drum band dari SMK Muhammadiyah 2 Jatinom.

Advertisement

Butuh kolaborasi antarpemangku kepentingan agar tujuan ini tercapai. Melalui PP No. 20/2024, pemerintah berkomitmen mempercepat pemerataan industri di luar Pulau Jawa dengan target peningkatan kontribusi industri pengolahan nonmigas sebesar 40%. Kebijakan ini diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia.

Dikutip dari laman Indonesia.go.id yang diakses Minggu (28/7/2024), kolaborasi antarpemangku kepentingan menjadi kunci sukses dalam mencapai tujuan ini. Saat ini, Indonesia memiliki sebaran industri cukup luas dengan konsentrasi utama di Pulau Jawa. Namun, melalui Undang-undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, arah kebijakan pengembangan industri nasional difokuskan pada pendekatan Indonesiasentris.

Tarik Ulur Solusi Kredit Macet UMKM

JAKARTA—Masalah kredit macet usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) belum juga menemui solusi. Hapus buku dan hapus tagih kredit macet itu juga masih di tahap penggodokan aturan pascarampungnya kebijakan restrukturisasi kredit sebagai program saat masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), rasio nonperformance loan (NPL) atau kredit macet UMKM membengkak. Pada Mei 2024, rasio NPL UMKM mencapai level 4,27%, naik tipis dibandingkan dengan bulan sebelumnya atau April 2024 pada level 4,26%. NPL UMKM juga naik cukup tinggi sepanjang tahun berjalan atau dibandingkan Desember 2023 yang masih pada level 3,71%.

Advertisement

Komisi VI sempat mengusulkan agar bank menjalankan kebijakan hapus buku dan hapus tagih kredit macet UMKM. “Dengan syarat yang sangat selektif, melalui verifikasi, terutama bagi nasabah yang nilai pinjamannya kecil, dari Rp25 juta, maksimal Rp50 juta,” jelas Wakil Ketua Komisi VI DPR, Sarmuji, belum lama ini.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (29/7/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif