news
Langganan

Solopos Hari Ini : Kejutan Airlangga Hartarto - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Senin, 12 Agustus 2024 - 09:32 WIB

ESPOS.ID - Harian Umum Solopos edisi Senin (12/8/2024).

Esposin, JAKARTA--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (12/8/2024), mengangkat headline tentang Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, secara mengejutkan menyatakan pengunduran diri dari jabatannya. Pernyataan Airlangga disiarkan melalui tayangan video yang dipublikasikan Partai Golkar, Minggu (11/8/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, Airlangga menjelaskan alasan dia mundur karena ingin menjaga keutuhan Partai Golkar dan memastikan stabilitas selama transisi pemerintahan dari Presiden RI Joko Widodo ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Advertisement

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar,” kata Airlangga dalam video tersebut.

Airlangga melanjutkan pengunduran dirinya sebagai ketua umum Golkar terhitung sejak Sabtu (10/8/2024) malam. “Selanjutnya, sebagai partai besar yang matang dan dewasa, DPP Partai Golkar akan segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART organisasi yang berlaku,” kata Airlangga.

Advertisement

Airlangga melanjutkan pengunduran dirinya sebagai ketua umum Golkar terhitung sejak Sabtu (10/8/2024) malam. “Selanjutnya, sebagai partai besar yang matang dan dewasa, DPP Partai Golkar akan segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART organisasi yang berlaku,” kata Airlangga.

Airlangga melanjutkan proses selanjutnya yang berjalan di internal Golkar, termasuk terkait dengan penunjukan pelaksana tugas (plt.) ketua umum dan persiapan menggelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub) bakal berlangsung damai, tertib, dan tetap menjunjung tinggi muruah Partai Golkar.

Kejahatan Daring, Sekali Terjebak Sulit Mengelak

Kejahatan daring atau siber saat ini terus marak dalam berbagai variasinya. Karena itu dibutuhkan literasi digital yang lebih baik dari masyarakat, termasuk kedewasaan dan kesadaran untuk tidak terjebak dalam pesona semu dunia maya.

Espos berbincang dengan pendiri sekaligus Ketua Lembaga Bantuan Hukum Soloraya Justice (LBH Soratice), I Made Ridho Ramadhan, yang sering membantu para korban kejahatan dunia maya. Dia menyebut berbagai faktor saling berkelindan dalam memicu kejahatan daring itu. Dia menyebut selain motif kejahatan dari pelaku, juga karena lemahnya sistem keamanan data daring, serta tingkat literasi digital masyarakat yang relatif rendah.

Advertisement

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L.P. Marsudi seusai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima surat kepercayaan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) negara-negara sahabat, salah satunya dari Amerika Serikat.

“Amerika Serikat merupakan mitra dagang utama Indonesia. Nilai perdagangan kita sudah lebih dari US$34,5 miliar tahun lalu dan kita mengalami surplus cukup besar,” kata Retno saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024). Menlu menjelaskan Amerika Serikat merupakan salah satu mitra dagang utama bagi Indonesia.

Paris 2024, Sebuah Renungan untuk Indonesia

Kejuaraan multicabang olahraga paling akbar di dunia, Olimpiade Paris 2024, sudah berakhir. Hasil mengejutkan, di luar prediksi, baik yang sesuai harapan maupun tak seperti ekspektasi dialami tim Indonesia.

Evaluasi kritis harus tercurah kepada bulu tangkis, yang dalam Olimpiade edisi ini hanya bisa mempersembahkan satu medali perunggu. Pencapaian yang masih lebih baik ketimbang Olimpiade London 2012 ketika tambang medali Indonesia tak memberikan sumbangan medali satu pun, tidaklah terlalu memuaskan.

Advertisement

Di luar nomor ekshibisi pada Olimpiade Muenchen 1972, bulu tangkis sudah mempersembahkan 22 medali Olimpiade kepada Indonesia. Perinciannya, delapan medali emas, enam medali perak, dan delapan medali perunggu. Bulu tangkis kali pertama mempersembahkan medali pada Olimpiade Barcelona 1992.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (12/8/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif