news
Langganan

Solopos Hari Ini : Efek Pertarungan Pasca-Pilpres 2024 - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Sabtu, 7 September 2024 - 09:23 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Sabtu (7/9/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (7/9/2024), mengusung headline tentang fenomena kotak kosong membayangi puluhan pemilihan kepala daerah (pilkada) di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Sukoharjo. Meski lebih sedikit dibandingkan 2020, banyaknya calon tunggal dinilai melanjutkan kemunduran demokrasi.

Diberitakan Solopos hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memperpanjang masa pendaftaran yang semula dijadwalkan pada 27–28 Agustus 2024 menjadi 2-4 September 2024. Kendati telah diperpanjang, hanya satu pasangan calon di masing-masing daerah tersebut yang mendaftar dan lolos sebagai kontestan pilkada.

Advertisement

Di Jawa Tengah, ada tiga daerah yang memunculkan calon tunggal melawan kotak kosong, yakni Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Banyumas. Khusus di Sukoharjo, masih ada peluang kemunculan calon lain.

Ini karena nasib pasangan calon independen Tuntas Subagyo-Djayendra Dewa akan ditentukan dalam putusan musyawarah pe­nyelesaian sengketa di ru­ang sidang Badan Pengawas Pe­­milu (Bawaslu) Sukoharjo, Senin (9/9/2024) siang. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo, mengatakan masih menunggu putusan itu.

Advertisement

Ini karena nasib pasangan calon independen Tuntas Subagyo-Djayendra Dewa akan ditentukan dalam putusan musyawarah pe­nyelesaian sengketa di ru­ang sidang Badan Pengawas Pe­­milu (Bawaslu) Sukoharjo, Senin (9/9/2024) siang. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo, mengatakan masih menunggu putusan itu.

”Pada prinsipnya, KPU Sukoharjo bakal menindaklanjuti putusan majelis penyelesaian sengketa di Bawaslu Sukoharjo. Saat ini kan belum ada putusan resmi,” ujar dia, Jumat (6/9/2024).

Sebagian Warga Beralih ke Gas Nonsubsidi

SOLO—Pertamina berupaya memasti­kan stok elpiji 3 kg hingga tingkat pengecer. Di sisi lain, sebagian masyarakat mulai beralih menggunakan gas nonsubsidi, yakni elpiji ukuran 5,5 kg dan 12 kg.

Jumat (6/9/2024), Direktur Utama Per­­tamina Nicke Widyawati turun me­ngecek ketersediaan elpiji 3 kg ke sejumlah toko kelontong di Kota Solo. Berdasarkan keterangan dalam siaran pers yang diterima Esposin, Nicke mendatangi sejumlah toko kelontong di Kecamatan Laweyan, Solo, setelah tiba melalui Bandara Adi Soemarmo.

Advertisement

Beberapa langkah dilakukan Kemenparekraf untuk mencapai misi tersebut. Bersama para mitra, Kemenparekraf melakukan misi penjualan ke China untuk kali kedua pada 2024. Misi penjualan dilaksanakan di dua kota yakni Shenzhen dan Guangzhou dengan menggandeng China Southern Airlines sebagai official airlines partner untuk menarik kunjungan wisman asal China ke Indonesia.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (5/9/2024), mengatakan misi penjualan dilaksanakan di Shenzen pada 2 September 2024 dan Guangzhou pada 4 September 2024 setelah misi serupa di Beijing dan Shanghai pada Juni 2024.

Dari Jeddah Membawa Pulang Keyakinan

Skor 1-1 di laga perdana kualifikasi Grup C Piala Dunia 2024, Jumat (6/9/2024), bukan hanya satu poin yang penting dan hasil seri kedua yang diperoleh Indonesia dari 13 pertemuan mereka dengan Arab Saudi di berbagai kompetisi.

Hasil seri 1-1 melawan Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah itu adalah penanda sebuah laga yang membangkitkan optimisme bahwa Timnas Indonsia berpeluang besar berbuat lebih jauh lagi dalam pertandingan-pertandingan berikutnya.

Advertisement

Sepuluh dari 13 pertemuan Indonesia dengan Arab Saudi selalu berakhir dengan kekalahan dan dengan selisih gol sangat dalam. Sampai 6 September 2024, dari 13 pertemuan dengan Arab Saudi, Indonesia total memasukkan enam gol tapi digelontor 35 gol.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (7/9/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : Solopos Hari Ini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif